Skip to main content

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak 

https://kangkigi.blogspot.com/2019/11/Desain-dan-Rumus-Porting-Motor-2tak.html

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring).

Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ?

Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan menghasilkan kenaikan listrik yang sangat besar sehingga peforma mesin pun akan jauh lebih meningkat.



Seperti yang bisa kita lihat pada gambar di atas bahwa memodifikasi port tersebut ada dua cara, yakni ; memperlebar bagian atasnya atau membentuknya menjadi oval/ di oval kan.

Namun sobat perlu ketahui ; Untuk melangsungkan pengerjaan ini disarankan agar lebih berhati hati, karena pada jarak antara exhaust dan transfer port tidak di anjurkan terlalu berdekatan dan berlebihan.

Selain mengakibatkan kehilangan bahan bakar dan udara yang akan dengan mudah keluar ke lubang kenalpot (terbuang sia-sia) ,cara korek yang berlebihan justru malah akan berdampak menyakitkan alias jauh dari harapan.

Lantas seberapa dekat jarak antara tiap port yang ideal ? Dan pofort mana yang sering banyak tuner pakai untuk membuat tenaga mesin 2 tak nya lebih meningkat ?

Jarak yang di anjurkan ialah 8 mm antara tiap port yang menurut A Graham bell cukup aman, tapi sebagian banyak tuner juga meyakini bahwa nilai 5 mm juga cukup tidak mempunyai efek ber resiko tinggi.

Salah satu port yang sering banyak tuner pakai ialah Port Oval, port tersebut sering di pakai pada motor kompetisi two-stroke. Bukan tanpa alasan, karena memang desain dan bentuknya di buat secara lembut untuk menerima gesekan ring piston, dengan syarat di buat tidak terlalu lebar atau berlebihan.

Memang apa efeknya jika (Exhaust Port) di desain terlalu lebar dan berlebihan ?

Entahlah, tapi menurut A Graham bell bahwa port 0,71 dari lubang buang adalah toleransi untuk sebuah mesin road race dan motorcross dengan syarat memakai cincin besi ulet. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa ukuran port yang aman maksimum adalah 0,65 dengan ring piston besi rapuh.

Selain itu A Graham bell juga memiliki ide-ide tertentu pada sebuah timing exhaust port, namun jika kita mengikuti teorinya secara langsung, akan membuat kita banyak masalah jika tidak terlebih dulu menentukan konsep dan penyesuaian pada sebuah mesin yang akan kita modifikasi.

Untuk memudahkan para sobat, kita ambil kesimpulan seperti ini, mesin 2 tak membutuhkan durasi knalpot tertentu untuk mencapai kecepatan tertentu. Namun, jika silinder memiliki periode transfer yang terbuka lebih pendek, maka durasi knalpot harus dikurangi, jika tidak sepeda motor akan terlalu 'ringan' untuk naik.

Untuk mempersingkat pembahasan kita kali ini mengenai Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak langsung saja pada rumusnya, seperti biasa ulasan selengkapnya silahkan simak di bawah ini.


Keterangan :

• T : R + L + C + E

• R : Stroke di bagi 2 dalam satuan (mm)

• L : Panjang stang piston

• C : Jarak bersih saat piston di TMA

• E : Jarak atas bibir exhaust

Untuk mempermudah kita ambil contoh pada mesin motor satria 120 dengan kapasitan murni 125 cc. Dimana di ketahui ;

R : 49 / 2 = 24.5 mm

L : 94 mm

C : pada satria 2 tak keluaran terakhir memiliki jarak 0.8 mm. Atau jika sobat ingin memastikan silahkan hitung ulang ketika piston dalam keadaan terpasang.

E : kita ambil contoh di bikin 23 mm

T : R + L + C - E
    : ((24.5 + 94 + 0.8) - 23)= 96.3 mm

Maka untuk menghitung pakai rumusnya, adalah ;

D : ( 180 - cos 0.219963 ) × 2

D : ( 180 - 77.2968 ) × 2

D : ( 102.70 )

D : 205.4°

Seperti yang bisa kita lihat pada hasil perhitungan melalui rumus di atas, bahwa jika tinggi port buang "kenalpot" memiliki 23 mm dengan celah piston 0.8 mm. Maka hasil yang akan di dapat pada saat lubang buang alias kenalpot mulai terbuka hingga menutup adalah 205.4° "hasil tersebut juga akan sama jika sobat mengukur krus as nya dengan busur derajat.

Membuat mesin 2 tak lebih kencang memang tidak segampang membuat tenaga mesin 2 tak menghilang alias loyo, maka dari itu untuk mempermudah dan terarah sobat bisa baca pada artikel cara korek mesin 2 tak paling mudah yang sudah bangkigi bahas pada artikel sebelumnya.

Jika sobat bisa menyimpulkan ulasan ini, sebenarnya membuat tenaga mesin 2 tak lebih meningkat sangat lah mudah, dimana mudahnya ???

Seperti yang sudah di bahas di atas, membuat tenaga mesin 2 tak hanya dengan memapas atau memporting bagian lubang kenalpot/ ekhaust port saja, tenaga sudah bisa berubah dari standarnya. Atau jika sobat bingung masih, sobat tinggal papas lubang kenalpot bagian atasnya saja, sedangkan untuk bagian bawahnya samakan dengan ujung bawah lubang transfer.

Dan usahakan ujung bawah lubang transfer nya juga sejajar atau segarisi dengan ujung atas piston pada saat piston berada di TMB (titik mati bawah).

Demikian ulasan selengkapnya mengenai Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak yang bisa bangkigi sampaikan, semoga bermanfaat dan semoga bisa menjadi referensi buat para sobat otomotif yang berniat untuk membuat kuda besinya semakin bisa berlari terbirit-birit.🙂🙂🙂r

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar Cara Papas Noken As -  Chamsaft  atau biasa di sebut dengan Kem pada dasarnya adalah komponen yang sangat penting untuk meningkatkan peforma mesin 4 langkah. Karena disain dan bentuknya bisa di ubah sesuai ke inginkan kita, sehingga banyak orang melakukan perubahan pada kem tersebut. Akan tetapi masih banyak orang dalam cara mendesain atau berubahnya dengan cara yang salah, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh sebab itu untuk membuat disain yang benar dan ideal, memerlukan cara yang benar dengan harus memiliki atau mengetahui ilmu dasarnya terlebih dulu (Cara menghitung durasinya ). Supaya apa ? "Supaya hasil kerja keras kita tidak sia sia dan lebih maksimal. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Ok, jawaban singkat atas pertanyaan itu. Durasi atau ( DURATION ) adalah "Waktu yang di ukur dalam derajat putaran poros engkol (kruk as), dimana baik klep In maupun klep Ex sedang dalam ke adaa