Skip to main content

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

https://www.bangkigi.xyz/2020/03/cara-menghitung-porting-motor-2-tak.html

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston "boring" memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat.

Modifikasi porting blok piston "boring" pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port.

Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini.

Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak


Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah "durasi" buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan tertentu.

Lantas bagai mana cara menghitungnya ?

Bagi seorang tuner hal ini mungkin tidak menjadi masalah besar, karena  memang sudah terbiasa modifikasi pada silinder blok "boring" ini di lakukan. Tapi bagi sobat yang awam dalam permesinan hal ini mungkin akan menjadi masalah besar, tidak bisa di pungkiri rasa ketakutan dalam pengerjaan yang jauh dari harapan akan datang dan bisa di rasakan.

Untuk cara menghitungnya silahkan sobat simak juga di bawah ini.

Caranya cukup mudah kok, sobat tinggal konversikan ukurannya dari (mm) ke derajat putaran kruk as.

Untuk mempermudah kita ambil contoh pada blok NSR SP, dimana diketahui ;

• Lb Bilas = 42 mm

• Lb Transfer primer dan sekunder = 42 mm

• Lb Buang = 26 mm

Perlu sobat ketahui ( Deck Height NSR memiliki ukuran 0 mm, yang berarti bibir piston pada saat berada di TMA sebidang dengan bibir blok, yakni 0 mm).

Angka di atas adalah tinggi porting terbaik pada silinder blok "boring" NSR yang hanya untuk di jadikan sebagai pacuan atau gambaran. Maka salah besar jika sobat langsung mengaplikasikan angka tersebut pada silinder blok Yamaha RX King, Fiz R atau motor 2 tak lainnya.

Lantas angka berapa yang harus di pakai jika ingin mengaplikasikan pada silinder blok Yamaha RX King ?

Untuk mengetahuinya sobat konversikan terlebih dulu ke satuan derajatnya, jika sudah di dapat sobat konvergensi kan lagi pada satuan mm dengan di tambahkan (Deck Height).

Lantas bagaimana cara mengkonversikan dari satuan mm ke derajat nya ??? Lengkapnya sobat ikuti terus ulasan ini sampai habis.

Langkah pertama sobat harus ketahui (cari tahu) terlebih dulu data-data di bawah ini ;

• Stroke NSR dan stroke RX King
• Panjang stang seher "piston" NSR dan panjang stang piston RX King

Jika data-datanya sudah sobat ketahui, langkah selanjutnya sobat gambar pada kertas atau jika ingin lebih akurat sobat bisa menggunakan software Auto Cad. Untuk memperjelas sobat juga bisa lihat pada gambar di bawah ini.


Contoh ; menentukan derajat bukaan lubang buang pada blok yang akan di tiru "Blok NSR".

1• Buat Lingkaran penuh dengan diameter yang seukuran dengan stroke NSR, gambarkan titik pusatnya dalam koordinat axis yakni X dan Y. Pada titik lingkaran paling atas beri tanda 0° kruk as " hal tersebut untuk melambangkan derajat putaran kruk as.

2• Gambar garis vertikal dengan seukuran panjang stroke + panjang stang piston, dengan posisi garis melalui titik pusat lingkaran dan ujung garis paling bawah bertemu dengan ujung paling bawah lingkaran. "Hal ini untuk melambangkan titik pusat dari rangkaian silinder, piston dan kruk as".

3• Buat titik pada ujung atas garis vertikal tersebut dengan di beri angka 0 mm. Anggap saja angka 0 mm tersebut adalah posisi piston saat di TMA.

4• Kemudian buat titik lagi pada garis vertikal tersebut dengan diberi tanda huruf B dan buat titik tersebut dengan seukuran tinggi Lb buang "diketahui pada contoh adalah 26 mm" berarti jarak dari titik 0mm ke titik B adalah 26 mm.

5• Gunakan jangka dan buat jarak bukaan jangka tersebut seukuran dengan panjang stang piston NSR. Hai ini untuk melambangkan panjang stang piston.

6• Jarum jangka sobat posisikan pada titik yang di beri huruf B tadi, sedangkan untuk mata pensilnya sobat coretkan pada lingkaran yang mampu di jangkau oleh jangka tersebut. Hal ini untuk melambangkan posisi stang piston pada gambar atau rangkaian.

7• Langkah terakhir sobat tinggal ukur berapa derajat dari posisi 0 mm derajat kruk as terhadap poin enam tadi dengan menggunakan busur derajat.

Setelah langkah-langkah di atas sobat kerjakan dengan benar dan sudah di ketahui hasilnya. Langkah selanjutnya sobat tinggal hitung berapa mm tinggi pada tiap port yang akan di rubah "silinder blok RX King".

Untuk caranya sobat tinggal ikutin langkah seperti di atas tadi dengan benar dan berurutan. Jika sudah di lakukan dan di dapat hasilnya, sobat  harus ketahui juga ukuran deck height nya "deck height RK King".

Jika sudah, hasil dari perhitungan tadi pada tiap port yang akan dirubah kemudian sobat tambahkan dengan ukuran deck height nya.

Kemudian jika sobat ingin melebarkan port lubang buang nya, sobat bisa buat dengan angka maksimal 70% dari diameter piston.

Contoh : diameter piston NSR memiliki 59 mm. Maka lubang buang maksimal nya (59 × 70% ) = 41.30 jika di bulatkan menjadi 42 mm . Jika lubang buang memiliki angka yang lebih dari 42 mm maka cincin piston "ring piston" akan cenderung menekan berlebihan, sehingga silinder akan mudah aus.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah semoga dengan adanya ulasan ini bisa bermanfaat untuk sobat semua, dan selamat untuk mencobanya.🙂🙂🙂

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan menghasilk

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar Cara Papas Noken As -  Chamsaft  atau biasa di sebut dengan Kem pada dasarnya adalah komponen yang sangat penting untuk meningkatkan peforma mesin 4 langkah. Karena disain dan bentuknya bisa di ubah sesuai ke inginkan kita, sehingga banyak orang melakukan perubahan pada kem tersebut. Akan tetapi masih banyak orang dalam cara mendesain atau berubahnya dengan cara yang salah, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh sebab itu untuk membuat disain yang benar dan ideal, memerlukan cara yang benar dengan harus memiliki atau mengetahui ilmu dasarnya terlebih dulu (Cara menghitung durasinya ). Supaya apa ? "Supaya hasil kerja keras kita tidak sia sia dan lebih maksimal. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Ok, jawaban singkat atas pertanyaan itu. Durasi atau ( DURATION ) adalah "Waktu yang di ukur dalam derajat putaran poros engkol (kruk as), dimana baik klep In maupun klep Ex sedang dalam ke adaa