Skip to main content

2 Cara Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah

2 Cara Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah


2 Cara Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah - Modifikasi alias papas noken as pada dasarnya bisa di lakukan semua orang, tapi untuk menghitung durasinya tidak semua orang bisa melakukannya.

Memang apa sih durasi pada noken as itu ?

Durasi adalah waktu yang di ukur dalam derajat putaran kruk as/ poros engkol, dimana baik klep in (isap) maupun klep ex (buang) sedang dalam keadaan terbuka.

Lantas bagaimana cara menghitungnya ?

Pada dasarnya sebagian banyak tuner meyakini, bahwa memulai menghitung durasi pada noken as saat bukaan klep mulai terangkat (0.1 - 0.2 mm) dan (0.1 - 0.2 mm) sebelum klep menutup tidak akan terlalu jauh melesetnya. Dalam kata lain angkatan tersebut tidak terlalu memberikan efek yang signifikan.

Seperti yang sobat ketahui pada kesempatan kali ini bangkigi mempunyai 2 cara yang bisa sobat terapkan/ paki untuk menghitung durasi pada noken as nya, dimana cara ini paling mudah dan paling banyak dipakai oleh para tuner. Utuk lebih lengkapnya sobat simak di bawah ini.

2 Cara Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah


https://www.bangkigi.xyz/2020/03/2-cara-menghitung-durasi-noken-as.html

1• Menggunakan gigi sentrik (cam gear)

Cara pertama yang bisa sobat lakukan untuk menghitung durasi pada noken as adalah dengan menggunakan gigi sentrik, selain cara ini lebih mudah di pahami, cara ini juga banyak di pakai dan di gemari oleh para tuner dan sobat otomotif, termasuk ane.

Walopun sebenernya cara ini kurang tepat alias melesetnya lumayan jauh, tapi setidaknya sobat bisa ambil patokan dan yang paling penting sobat tau bagaimana cara menghitung durasi noken as yang paling mudah.

Adapun untuk caranya, berhubung bangkigi sudah sempat menulis artikel ini sobat bisa langsung membacanya di sini "cara menghitung durasi pakai rumus gigi sentrik".

2• Menggunakan alat khusus (Dial /Busur Derajat)

Untuk cara yang ke dua sobat bisa menggunakan alat khusus yang disebut dial atau busur derajat. Cara ini memang lebih baik dan lebih tepat jika di bandingkan dengan menggunakan gigi sentrik, namun yang jadi permasalahannya tidak semua tuner dan sahabat-sahabat otomotif di luaran sana memiliki alat ini.

Namun jika sobat terus memaksa untuk mengetahui bagaimana caranya, sobat wajib simak juga ulasan di bawah ini.

Cara Menghitung Durasi Menggunakan Dial /Busur Derajat


• Pasang busur derajat pada bagian kruk as/ magnet dan pastikan terlebih dulu piston berada di titik mati atas (TMA).

• Tempatkan/ posisikan jarum penunjuk busur pada 0° atau TDC (top dead center).

• Pasang dial pada bagian cilynder head dan pastikan jarum dial segaris dengan batang klep.

• Putar busur derajat berlawanan arah jarum jam pada 1 putaran/ 1 mm pertama yang di lihat pada jarum dial.

• Lihat pada Jarum penunjuk busur derajat (derajat ini menunjukan klep ex terbuka).

• Putar kembali busur derajat berlawanan arah jarum jam dan hitung berapa putaran jarum tersebut (putaran ini menunjukan puncak lift noken as).

• Untuk mengetahui klep ex tertutup setelah 1 mm sobat putar kembali busur derajat berlawanan arah jarum jam.

• Untuk mengetahui dan menghitung klep in, sobat tinggal ikutin langkah-langkah ini dengan secara berurutan.

Kemudian untuk mengetahui durasi noken as yang sesungguhnya kita ambil contoh sebagai berikut ;

Diketahui ; 

Klep ex terbuka = 60°
Klep ex tertutup = 30°

Klep in terbuka = 30°
Klep in tertutup = 60°

Maka untuk menghitungnya ;

(60) klep ex terbuka + (30) klep ex tertutup + 180 = 270°

(30) klep in terbuka + (60) klep in tertutup + 180 = 270°

Dengan rumus di atas sobat bisa ketahui bahwa durasi klep ex dan klep in memiliki persamaan, yakni = 270°

Jika sobat bertanya-tanya soal angka 180 dari mana, itu adalah derajat yang di miliki putaran noken as dengan 1 kali putaran kruk as atau sama dengan setengah putaran noken as.

Nah sob, berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai 2 Cara  Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah semoga bermanfaat, dan selamat mencobanya.🙂🙂🙂


Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan menghasilk

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar Cara Papas Noken As -  Chamsaft  atau biasa di sebut dengan Kem pada dasarnya adalah komponen yang sangat penting untuk meningkatkan peforma mesin 4 langkah. Karena disain dan bentuknya bisa di ubah sesuai ke inginkan kita, sehingga banyak orang melakukan perubahan pada kem tersebut. Akan tetapi masih banyak orang dalam cara mendesain atau berubahnya dengan cara yang salah, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh sebab itu untuk membuat disain yang benar dan ideal, memerlukan cara yang benar dengan harus memiliki atau mengetahui ilmu dasarnya terlebih dulu (Cara menghitung durasinya ). Supaya apa ? "Supaya hasil kerja keras kita tidak sia sia dan lebih maksimal. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Ok, jawaban singkat atas pertanyaan itu. Durasi atau ( DURATION ) adalah "Waktu yang di ukur dalam derajat putaran poros engkol (kruk as), dimana baik klep In maupun klep Ex sedang dalam ke adaa