Skip to main content

Begini Cara Kerja Noken As Pada Motor Dan Fungsinya

Begini Cara Kerja Noken As Pada Motor Dan Fungsinya


Begini Cara Kerja Noken As Pada Motor Dan Fungsinya

Begini Cara Kerja Noken As Pada Motor Dan Fungsinya - Mekanik bilang noken as/ Kem adalah jantung nya mesin motor 4 langkah ? Tentu itu bisa di pastikan. Bukan tanpa alasan, karena memang noken as berfungsi untuk "mengatur buka tutupnya klep" baik itu klep in maupun klep ex.

Noken as pada dasarnya sangat berpengaruh besar terhadap peforma dan karakter suatu mesin, makanya banyak tuner meyakini bahwa modifikasi alias papaa noken as dapat membuat performa dan laju kendaraan semakin meningkat.

Noken as pada mesin motor memiliki bagian yang sangat penting yang harus sobat ketahui dan perhatikan keutuhannya, yakni di sebut dengan "Lobe". (Lobe) adalah bagian tonjolan yang berfungsi untuk mendorong roker arm alias pelatuk/ sepatu klep, dimana lobe inilah yang akan memungkinkan klep akan bisa terbuka maupun terangkat.

Bisa sobat bayangkan jika pada bagian tonjolan (lobe) noken as ini mulai aus, bukan tidak mungkin lagi bisa di pastikan hal tersebut akan mempengaruhi tenaga dan laju kendaraan sepeda motor.

Bukan hanya pada lobe yang sobat perlu ketahui, ada satu komponen lagi yang jika dilihat secara fisik akan sangat terlihat dengan jelas, yakni disebut dengan "Journal". Jounal adalah bagian batang noken as, yang dimana pada setiap ujung batangnya yang satu terhubung pada gigi sentrik dan yang satunya lagi terhubung pada bearing.

Namun beda halnya jika sobat ingin memodifikasi alias papas noken as, dimana ada 4 bagian yang harus sobat perhatikan, yakni sebagai berikut.

1• Lift : yang di maksud lift pada noken as adalah tinggi dari bagian lobe/ tonjolannya. Seberapa tinggi lift ini akan menentukan seberapa tingginya klep dapat terbuka penuh.

2• Durasi : durasi atau duration adalah waktu yang di ukur dalam derajat putaran kruk as, dimana yang menunjukan seberapa lama klep terbuka hingga menutup. Durasi di hitung dari mulai klep terbuka sampai klep tertutup rapat.

3• Overlap : overlap adalah waktu yang menunjukkan ketika kedua klep terbuka sedikit bersamaan, terjadi di akhir langkah buang dan di awal langkah hisap. Bukan hanya itu, overlap terjadi untuk melakukan proses pembilasan di dalam ruang bakar.

4• LSA : (lobe sparation anggel) LSA adalah jarak antara kedua tonjokan/ lobe atau ada juga yang menyebutnya dengan jarak antara kedua gunungan. LSA di ukur dari ujung tonjolan in ke ujung tonjolan ex.

Noken as mempunyai cara kerja yang selaras atau mengikuti dengan kruk as, dimana dalam 2 kali putaran kruk as menghasilkan 1 kali putaran Kem/ noken as. Sedangkan untuk 1 kali putaran kruk as hanya menghasilkan "setengah" putaran Kem. Adapun cara kerjanya sobat bisa simak di bawah ini.

Cara Kerja Noken As Pada Motor



Pada gambar di atas menunjukan bahwa mesin dalam keadaan TOP kompresi, yang berarti kedua klep dalan keadaan tertutup dan rocker arm dalam keadaan bebas.

Ketika pada saat kruk as mulai bergerak, gigi sentrik akan mengikuti/ ikut berputar karena memang dengan adanya bantu rantai keteng yang menghubungkannya.

Dan pada saat gigi sentrik berputar otomatis noken as pun akan ikut berputar, dan ketika salah satu tonjolan alias lobe menekan rocker arm maka secara otomatis ujung stelan pelatuk klep akan menekan bagian ujung batang klep, sehingga pada saat itu juga payung klep akan terbuka.

Namun beda halnya pada saat posisi overlap, dimana kedua rocker arm akan tertekan dan kedua klep terbuka secara bersamaan. Perlu sobat ketahui, pada saat posisi overlap klep terbuka hanya sedikit, bukan tanpa alasan hal ini karena di dalam ruang bakar sedang berlangsung proses pembilasan, dimana klep ex akan mengakhiri langkah buang dan klep in akan mengawali langkah hisapnya.

Demikian pembahasan kali ini mengenai "Begini Cara Kerja Noken As Pada Motor Dan Fungsinya" yang bangkigi bisa sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.🙂🙂🙂

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan mengha...

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter...

2 Cara Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah

2 Cara Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah 2 Cara Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah - Modifikasi alias papas noken as pada dasarnya bisa di lakukan semua orang, tapi untuk menghitung durasinya tidak semua orang bisa melakukannya. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Durasi adalah waktu yang di ukur dalam derajat putaran kruk as/ poros engkol, dimana baik klep in (isap) maupun klep ex (buang) sedang dalam keadaan terbuka. Lantas bagaimana cara menghitungnya ? Pada dasarnya sebagian banyak tuner meyakini, bahwa memulai menghitung durasi pada noken as saat bukaan klep mulai terangkat ( 0.1 - 0.2 mm ) dan ( 0.1 - 0.2 mm ) sebelum klep menutup tidak akan terlalu jauh melesetnya. Dalam kata lain angkatan tersebut tidak terlalu memberikan efek yang signifikan. Seperti yang sobat ketahui pada kesempatan kali ini bangkigi mempunyai 2 cara yang bisa sobat terapkan/ paki untuk menghitung durasi pada noken as nya, dimana cara ini paling mudah dan paling b...