Skip to main content

Cara Korek Mesin 2 Tak Paling Mudah

Cara Korek Mesin 2 Tak Paling Mudah



Cara korek mesin 2 tak - Katanya ngoprek mesin 2 tak lebih simpel dan gampang, apa benar ? Yah, memang benar. Mesin 2 tak maupun 4 tah akan terasa gampang kita Oprek, jika kita mengetahui tehnik atau cara kerja mesin tersebut secara mendalam. Namun kebanyakan orang melakukan kesalahan dalam merubah atau mengoprek tenaga mesin tersebut, (khususnya mesin 2 tak). Karena salah memilih kombinasi dan pengerjaan yang terlalu berlebihan terhadap sebuah mesin. Sehingga membuat tenaga mesin justru malah lebih parah dari setandarnya.

Lalu bagaimana cara merubah tenaga mesin 2 tak yang benar ? Apa rahasianya ?

Pada umumnya, pengerjaan yang terlalu berlebihan seperti (bore up, porting yang terlalu lebar atau terlalu tinggi) justru malah akan sangat menyesatkan karena hasilnya yang tidak sesuai dengan keinginan. Oleh sebab itu, walaupun mesin 2 tak terlihat lebih simpel dibanding mesin 4 tak, dengan komponen yang sedikit hanya dengan sebuah piston di dalam silinder.

Namun pengerajaan yang lebih hati-hati dan menunda modifikasi yang lebih ekstime akan menghasilkan sebuah kesuksesan dalam merubah tenaga mesin itu sendiri. Karena pada dasarnya mesin 2 tak sangat lebih kompleks dalam kalkulasi karena memanfaatkan gerak gas dalam mesin untuk menghasilkan sebuah tenaga.

Selain itu pada mesin 2 tak juga mempunyai perbedaan yang sangat berpengaruh di dalam crengkes maupun blok cylinder pada waktu bersamaan. Oleh sebab itu mesin 2 tak mampu bekerja lebih efisien dengan hanya membutuhkan 1x putaran kruk as dibanding mesin 4 tak. Itulah yang menyebabkan terjadinya tenaga/ ledakan yang sangat dahsyat pada mesin 2 tak.

Seperti yang kalian ketahui merubah mesin 2 tak memang simpel. Diman untuk menciptakan sebuah tenaga mesin yang besar, rahasianya adalah hanya pada "pengaturan kompresi primer dan kompresi sekunder". Maka, untuk kalian yang ingin merubah tenaga mesin 2 tak, di sarankan supaya mengerjakan Atau mengoprek semua mesin termasuk (crengkes). Karena tidak cukup hanya dengan korek blok (boring) dan head saja.

Supaya memperjelas mari kita amati bersama-sama cara kerja mesin 2 tak pada ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Pada awal mula, piston berada di TMA dengan NOL derajat putaran kruk as, percikan bunga api mulai melentik, dan gas dalam ruang bakar mulai menyebar, piston pun terdorong turun ke bawah dimana sebagai bentuk terjadinya langkah usaha (kerja).

Gaya dorong piston tersebut menekan gas ke dalam crengkes sehingga terjadinya kompresi pada kruk as dan menyebabkan petal terbuka. Kompresi pada kruk as tersebut dimana sangatlah penting, karena untuk menimbulkan kekuatan hisap pada reed valve. Apalagi dibantu dengan adanya membran seperti v-force dimana dengan banyaknya katup buluh sehingga campuran gas segar akan mudah masuk meski kompresi pada crengkes sangat rendah.

Kemudian pada pada sudut 90° , kruk as dan piston dalam keadaan Akselirasi negatif maxsimum, dimana porting exhaus mulai terbuka sebagai bentuk berakhirnya langkah usaha (kerja). Gas pembakaranpun akan terbuang dengan sendirinya menuju ke kenalpot.

Kompresi pada kruk as pun akan melemah ketika saat porting transfer mulai terbuka. Oleh sebab itu Tekanan dalam cylinder harus lebih rendah dibandingkan tekanan pada crengkes, yang bertujuan supa gas yang tidak terbakar dapat dengan mudah keluar dari  potring tranfer selagi dalam masa pembilasan.

2. Porting transfer mulai terbuka sekitar 120° sebelum (TMB). Pembilasan pun akan dimulai, yang artinya gas segar akan keluar dari porting transfer dan menyatu untuk membuat sebuah siklus. Gas pun akan bergerak ke atas menuju belakang cylinder dengan terus membilas sisa gas pembakaran dari proses power stroke.

Sangata penting bahwa pada ruang bakar, gas sisa pembakaran harus terbuang sempurna. Karena supaya membuka ruang baru untuk gas dan udara segar masuk ke ruang bakar. Itulah kunci membuat tenaga dahsyat pada mesin 2 tak.

Idealnya seperti ini. Semakin banyak gas segar yang dapat di kompresikan pada kubah ruang bakar (pembakaran). Maka, semakin besar pula tenaga yang tercipta.!!!! Sekarang gas segar turut terbuang hingga bagian header pada kenalpot. Tetapi gas segar tidak akan lolos begitu saja, karena gelombang pada tekanan kompresi mempunyai pantulan dari disain ujung pipa kenalpot yang baik, ntuk membawa kembalinya gas segar ke dalam cylinder pada saat piston menutup semua lubang porting. Oleh sebab itu disain kenalpot 2 tak sangatlah penting.

Keunggulan mesin 2 tak sendiri adalah dimana mesin tersebut ( Mampu membakar lebih banyak ) udara dan bahan bakar dibanding dengan kapasitas mesin itu sendiri. contoh : pada mesin 4 tak 125 cc mungkin hanya mampu membakar 110 cc campuran udara/bahan-bakar dalam silinder, dengan efisiensi pabrikan 88 % (kemungkinan lebih rendah dari itu) sedangkan mesin 2 tak 125 cc standard, bisa membakar 180 cc campuran udara-bahan bakar didalam silinder.

3. Pada putaran 180° kruk as dan piston mulai melangkah up stroke. Gelombang kompresi yang di pantulkan dari ujung pipa kenalpot, membawa kembali gas segar dengan melewati porting exhaust ( pada saat itu berfungsi juga untuk bukaan porting inlet). Dengan piston yang menutup seluruh porting maka pada saat itu lah kompresi dimulai. Kemudian tekanan pada kruk as menjadi lebih rendah dari sebelumnya sehingga menimbulkan kevakuman dan hisapan mulai membuka katup buluh dan gas segar ke dalam crengkes.

Gas sisa pembakaran pun akan terkena tekanan beberapa saat sebelum piston mencapai TMA. Sistem pengapian pun akan memercikan bunga api yang akan memulai proses pembakaran. Dan siklus pun akan terus berulang selama mesin dalam keadaan menyala.

PERLU DI KETAHUI JUGA

PORTING : Mengurangi metal dalam porting (Exhaust dan Transfer) berarti merubah Durasi, Luas Area, dan Sudut porting. Yang akan menentukan langsung untuk sebuah karakter mesin itu sendiri. Maka seperti yang sudah saya bilang tadi, agar lebih hati-hati dalam pengerjaannya.

CYLINDER HEAD : Dimana bisa dibentuk ulang untuk menciptakan suatu karakter mesin itu sendiri. Head dengan diameter kecil dan ruang bakar yang dalam, serta squish lebar ( 60 % dari area boring ) Dikombinasi dengan rasio kompresi 9 : 1 akan sangat pas dengan karakter mesin motorcross. Serta beberapa kombinasi lain akan memunculkan karakter mesin yang berbeda. Squish lebar dengan kompresi tinggi akan menciptakan turbulensi gas dalam ruang bakar.

CARBURETOR : carburator adalah nyawa pada mesin 2 tak setelah melakukan modifikasi pada bagian porting dan pengaturan kompresi. Karena pada durasi porting akan sangat mempengaruhi puncak RPM (top speed) dalam sebuah mesin. Maka venturi karburator yang pas harus dilakukan secara berhati hati juga.  

PIPA KNALPOT : dimana pada disain kenalpot yang tepat, gelombang energi yang di pasok akan lebih banyak di dapat. Secara umum, knalpot yang baik harus mampu menaikkan tenaga pada rpm lebih tinggi. Pastikan kesesuaian silinder mesin dengan knalpot serta RPM yang akan sering dipakai sebelum memesan sebuah knalpot.

Berikut ulasan selengkapnya mengenai Cara Korek Mesin 2 Tak Paling Mudah semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat semua, terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencobanya.🙂🙂🙂

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan menghasilk

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar Cara Papas Noken As -  Chamsaft  atau biasa di sebut dengan Kem pada dasarnya adalah komponen yang sangat penting untuk meningkatkan peforma mesin 4 langkah. Karena disain dan bentuknya bisa di ubah sesuai ke inginkan kita, sehingga banyak orang melakukan perubahan pada kem tersebut. Akan tetapi masih banyak orang dalam cara mendesain atau berubahnya dengan cara yang salah, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh sebab itu untuk membuat disain yang benar dan ideal, memerlukan cara yang benar dengan harus memiliki atau mengetahui ilmu dasarnya terlebih dulu (Cara menghitung durasinya ). Supaya apa ? "Supaya hasil kerja keras kita tidak sia sia dan lebih maksimal. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Ok, jawaban singkat atas pertanyaan itu. Durasi atau ( DURATION ) adalah "Waktu yang di ukur dalam derajat putaran poros engkol (kruk as), dimana baik klep In maupun klep Ex sedang dalam ke adaa