Cara Korek Mesin 2 Tak Paling Mudah
Cara korek mesin 2 tak - Katanya ngoprek mesin 2 tak lebih simpel dan gampang, apa benar ? Yah, memang benar. Mesin 2 tak maupun 4 tah akan terasa gampang kita Oprek, jika kita mengetahui tehnik atau cara kerja mesin tersebut secara mendalam. Namun kebanyakan orang melakukan kesalahan dalam merubah atau mengoprek tenaga mesin tersebut, (khususnya mesin 2 tak). Karena salah memilih kombinasi dan pengerjaan yang terlalu berlebihan terhadap sebuah mesin. Sehingga membuat tenaga mesin justru malah lebih parah dari setandarnya.
Lalu bagaimana cara merubah tenaga mesin 2 tak yang benar ? Apa rahasianya ?
Pada umumnya, pengerjaan yang terlalu berlebihan seperti (bore up, porting yang terlalu lebar atau terlalu tinggi) justru malah akan sangat menyesatkan karena hasilnya yang tidak sesuai dengan keinginan. Oleh sebab itu, walaupun mesin 2 tak terlihat lebih simpel dibanding mesin 4 tak, dengan komponen yang sedikit hanya dengan sebuah piston di dalam silinder.
Namun pengerajaan yang lebih hati-hati dan menunda modifikasi yang lebih ekstime akan menghasilkan sebuah kesuksesan dalam merubah tenaga mesin itu sendiri. Karena pada dasarnya mesin 2 tak sangat lebih kompleks dalam kalkulasi karena memanfaatkan gerak gas dalam mesin untuk menghasilkan sebuah tenaga.
Namun pengerajaan yang lebih hati-hati dan menunda modifikasi yang lebih ekstime akan menghasilkan sebuah kesuksesan dalam merubah tenaga mesin itu sendiri. Karena pada dasarnya mesin 2 tak sangat lebih kompleks dalam kalkulasi karena memanfaatkan gerak gas dalam mesin untuk menghasilkan sebuah tenaga.
Selain itu pada mesin 2 tak juga mempunyai perbedaan yang sangat berpengaruh di dalam crengkes maupun blok cylinder pada waktu bersamaan. Oleh sebab itu mesin 2 tak mampu bekerja lebih efisien dengan hanya membutuhkan 1x putaran kruk as dibanding mesin 4 tak. Itulah yang menyebabkan terjadinya tenaga/ ledakan yang sangat dahsyat pada mesin 2 tak.
Seperti yang kalian ketahui merubah mesin 2 tak memang simpel. Diman untuk menciptakan sebuah tenaga mesin yang besar, rahasianya adalah hanya pada "pengaturan kompresi primer dan kompresi sekunder". Maka, untuk kalian yang ingin merubah tenaga mesin 2 tak, di sarankan supaya mengerjakan Atau mengoprek semua mesin termasuk (crengkes). Karena tidak cukup hanya dengan korek blok (boring) dan head saja.
Supaya memperjelas mari kita amati bersama-sama cara kerja mesin 2 tak pada ulasan selengkapnya di bawah ini.
1. Pada awal mula, piston berada di TMA dengan NOL derajat putaran kruk as, percikan bunga api mulai melentik, dan gas dalam ruang bakar mulai menyebar, piston pun terdorong turun ke bawah dimana sebagai bentuk terjadinya langkah usaha (kerja).
Gaya dorong piston tersebut menekan gas ke dalam crengkes sehingga terjadinya kompresi pada kruk as dan menyebabkan petal terbuka. Kompresi pada kruk as tersebut dimana sangatlah penting, karena untuk menimbulkan kekuatan hisap pada reed valve. Apalagi dibantu dengan adanya membran seperti v-force dimana dengan banyaknya katup buluh sehingga campuran gas segar akan mudah masuk meski kompresi pada crengkes sangat rendah.
Kemudian pada pada sudut 90° , kruk as dan piston dalam keadaan Akselirasi negatif maxsimum, dimana porting exhaus mulai terbuka sebagai bentuk berakhirnya langkah usaha (kerja). Gas pembakaranpun akan terbuang dengan sendirinya menuju ke kenalpot.
Kompresi pada kruk as pun akan melemah ketika saat porting transfer mulai terbuka. Oleh sebab itu Tekanan dalam cylinder harus lebih rendah dibandingkan tekanan pada crengkes, yang bertujuan supa gas yang tidak terbakar dapat dengan mudah keluar dari potring tranfer selagi dalam masa pembilasan.
Gaya dorong piston tersebut menekan gas ke dalam crengkes sehingga terjadinya kompresi pada kruk as dan menyebabkan petal terbuka. Kompresi pada kruk as tersebut dimana sangatlah penting, karena untuk menimbulkan kekuatan hisap pada reed valve. Apalagi dibantu dengan adanya membran seperti v-force dimana dengan banyaknya katup buluh sehingga campuran gas segar akan mudah masuk meski kompresi pada crengkes sangat rendah.
Kemudian pada pada sudut 90° , kruk as dan piston dalam keadaan Akselirasi negatif maxsimum, dimana porting exhaus mulai terbuka sebagai bentuk berakhirnya langkah usaha (kerja). Gas pembakaranpun akan terbuang dengan sendirinya menuju ke kenalpot.
Kompresi pada kruk as pun akan melemah ketika saat porting transfer mulai terbuka. Oleh sebab itu Tekanan dalam cylinder harus lebih rendah dibandingkan tekanan pada crengkes, yang bertujuan supa gas yang tidak terbakar dapat dengan mudah keluar dari potring tranfer selagi dalam masa pembilasan.
2. Porting transfer mulai terbuka sekitar 120° sebelum (TMB). Pembilasan pun akan dimulai, yang artinya gas segar akan keluar dari porting transfer dan menyatu untuk membuat sebuah siklus. Gas pun akan bergerak ke atas menuju belakang cylinder dengan terus membilas sisa gas pembakaran dari proses power stroke.
Sangata penting bahwa pada ruang bakar, gas sisa pembakaran harus terbuang sempurna. Karena supaya membuka ruang baru untuk gas dan udara segar masuk ke ruang bakar. Itulah kunci membuat tenaga dahsyat pada mesin 2 tak.
Idealnya seperti ini. Semakin banyak gas segar yang dapat di kompresikan pada kubah ruang bakar (pembakaran). Maka, semakin besar pula tenaga yang tercipta.!!!! Sekarang gas segar turut terbuang hingga bagian header pada kenalpot. Tetapi gas segar tidak akan lolos begitu saja, karena gelombang pada tekanan kompresi mempunyai pantulan dari disain ujung pipa kenalpot yang baik, ntuk membawa kembalinya gas segar ke dalam cylinder pada saat piston menutup semua lubang porting. Oleh sebab itu disain kenalpot 2 tak sangatlah penting.
Keunggulan mesin 2 tak sendiri adalah dimana mesin tersebut ( Mampu membakar lebih banyak ) udara dan bahan bakar dibanding dengan kapasitas mesin itu sendiri. contoh : pada mesin 4 tak 125 cc mungkin hanya mampu membakar 110 cc campuran udara/bahan-bakar dalam silinder, dengan efisiensi pabrikan 88 % (kemungkinan lebih rendah dari itu) sedangkan mesin 2 tak 125 cc standard, bisa membakar 180 cc campuran udara-bahan bakar didalam silinder.
3. Pada putaran 180° kruk as dan piston mulai melangkah up stroke. Gelombang kompresi yang di pantulkan dari ujung pipa kenalpot, membawa kembali gas segar dengan melewati porting exhaust ( pada saat itu berfungsi juga untuk bukaan porting inlet). Dengan piston yang menutup seluruh porting maka pada saat itu lah kompresi dimulai. Kemudian tekanan pada kruk as menjadi lebih rendah dari sebelumnya sehingga menimbulkan kevakuman dan hisapan mulai membuka katup buluh dan gas segar ke dalam crengkes.
Gas sisa pembakaran pun akan terkena tekanan beberapa saat sebelum piston mencapai TMA. Sistem pengapian pun akan memercikan bunga api yang akan memulai proses pembakaran. Dan siklus pun akan terus berulang selama mesin dalam keadaan menyala.
PERLU DI KETAHUI JUGA
PORTING : Mengurangi metal dalam porting (Exhaust dan Transfer) berarti merubah Durasi, Luas Area, dan Sudut porting. Yang akan menentukan langsung untuk sebuah karakter mesin itu sendiri. Maka seperti yang sudah saya bilang tadi, agar lebih hati-hati dalam pengerjaannya.
CYLINDER HEAD : Dimana bisa dibentuk ulang untuk menciptakan suatu karakter mesin itu sendiri. Head dengan diameter kecil dan ruang bakar yang dalam, serta squish lebar ( 60 % dari area boring ) Dikombinasi dengan rasio kompresi 9 : 1 akan sangat pas dengan karakter mesin motorcross. Serta beberapa kombinasi lain akan memunculkan karakter mesin yang berbeda. Squish lebar dengan kompresi tinggi akan menciptakan turbulensi gas dalam ruang bakar.
CARBURETOR : carburator adalah nyawa pada mesin 2 tak setelah melakukan modifikasi pada bagian porting dan pengaturan kompresi. Karena pada durasi porting akan sangat mempengaruhi puncak RPM (top speed) dalam sebuah mesin. Maka venturi karburator yang pas harus dilakukan secara berhati hati juga.
PIPA KNALPOT : dimana pada disain kenalpot yang tepat, gelombang energi yang di pasok akan lebih banyak di dapat. Secara umum, knalpot yang baik harus mampu menaikkan tenaga pada rpm lebih tinggi. Pastikan kesesuaian silinder mesin dengan knalpot serta RPM yang akan sering dipakai sebelum memesan sebuah knalpot.
Berikut ulasan selengkapnya mengenai Cara Korek Mesin 2 Tak Paling Mudah semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat semua, terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencobanya.🙂🙂🙂
Berikut ulasan selengkapnya mengenai Cara Korek Mesin 2 Tak Paling Mudah semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat semua, terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencobanya.🙂🙂🙂
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya pada blog yang sederhana ini, untuk membantu blog ini tetap terbangun dan lebih baik. Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang bermanfaat di kolom komentar. TERIMAKASIH