Skip to main content

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar


https://kangkigi.blogspot.com/2019/11/cara-papas-noken-as-chamsap.html

Cara Papas Noken As Chamsaft atau biasa di sebut dengan Kem pada dasarnya adalah komponen yang sangat penting untuk meningkatkan peforma mesin 4 langkah. Karena disain dan bentuknya bisa di ubah sesuai ke inginkan kita, sehingga banyak orang melakukan perubahan pada kem tersebut. Akan tetapi masih banyak orang dalam cara mendesain atau berubahnya dengan cara yang salah, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal.

Oleh sebab itu untuk membuat disain yang benar dan ideal, memerlukan cara yang benar dengan harus memiliki atau mengetahui ilmu dasarnya terlebih dulu (Cara menghitung durasinya ). Supaya apa ? "Supaya hasil kerja keras kita tidak sia sia dan lebih maksimal.

Memang apa sih durasi pada noken as itu ?

Ok, jawaban singkat atas pertanyaan itu. Durasi atau ( DURATION ) adalah "Waktu yang di ukur dalam derajat putaran poros engkol (kruk as), dimana baik klep In maupun klep Ex sedang dalam ke adaan terbuka.

Lantas bagaimana cara menghitung durasi yang benar ?

Pada umumnya, atau lebih tepatnya cara yang paling mudah di pahami adalah dengan mengandalkan mata gigi pada sintrik (gigi sintrik).

Seperti yang tercantum pada gambar di atas, satu putaran penuh noken as memiliki 360°. Dimana hal itu memang sudah di sepakati para mekanik dalam cara menghitung derajat putaran noken as lewat gigi sintrik. Oleh sebab itu, untuk mengetahui durasinya lewat gigi sintrik degan mudah.

Langkah pertama bagi dulu lingkaran gigi sintrik menjadi (Empat titik), dengan masing masing Titik ( I, II, III, IV ).

Yang berarti : 2 x putaran kruk as = 1 kali putaran Kem , yang berati 360° maka TMA akan  ketemu TMA. Sedangkan

Untuk 1x putaran kruk as = 1/2 putaran noken as, yang berarti 180°. Maka TMA akan ketemu TMA juga. Begitupun untuk sebaliknya.

Setelah itu semua di pahami baru kita mulai cara menghitung Durasinya. Yang pertama derajat penuh putaran kem ( 360° ) di bagai ( jumlah gigi sintrik)

Contoh : jumlah gigi sintrik Honda Blade 32 berarti ( 360 : 32 )= 11.25 di bulatkan menjadi 11 derajat.

Maka untuk menghitungnya : 

• Untuk klep Ex (Buang) Terbuka - di hitung giginya dari sebelum TMB dan menutup setelah TMA.

• Untuk klep In (Isap) Terbuka - di hitung giginya sebelum TMA atau pada saat akan melakukan (overlap) dan menutup sebelum TMA atau setelah TMB.
Contoh :

• Misal klep Ex (Buang) membuka 4 mata setelah TMA maka 11x4 = 44° setelah TMA. Atau 46° sebelum TMB. Untuk menutupnya jika 3 mata setelah TMA maka bisa dihitung 11x3 = 33° setelah TMA. Atau 57° sebelum TMB. Jadi durasi klep Ex (Buang) adalah ((90-44)+90+33)= 169°.

• Untuk klep In (Isap) jika membuka 3 mata sebelum TMA maka 11x3= 33° sebelum TMA. Dan menutup 3 mata sebelum TMA maka 11x3= 33° sebelum TMA. Atau 57° setelah TMB. Jadi untuk durasi klep In (Isap) adalah ((90-33)+90+33= 180°.

Jika kalian bertanya-tanya soal angka 90 dari mana, itu adalah hasil dari lingkaran gigi sintrik yang tadi di bagi menjadi 4 titik dimana setiap titik memiliki 90°.

Kemudian untuk menghitung Overlap nya adalah :

• Durasi isap = (bukaan isap)+180+(tutupan isap). Contoh : bukaan isap (33)+180+(33) tutupan isap = 246°

• Durasi buang = (bukaan buang)+180+(tutupan buang). Contoh : bukaan buang (44)+180+(33) = 257°. Maka total duri adalah = ((246)+(257) : 2 ) = 373.5°
Cara menghitung durasi dengan mata gigi sintrik melesetnya lumayan jauh, jadi agar lebih teliti untuk menentukan hitungannya. Dan usahakan menghitung di mulai saat kerenggangan klep 0 mm sampai 0,1 mm.

Yang perlu di ketahui :
  • Menambah LSA : Pewerband lebih lebar, power memuncak, dan stasioner lembut.
  • Mengurangi LSA : Meningkatkan torsi menengah, akselerasi cepat, dan powerband lebih sempit.
  • Durasi tinggi : Menggeser rentang tenaga lebih ke RPM atas.
  • Durasi rendah : Menambah torsi putaran bawah
  • Overlap banyak : Meningkatkan sinyal ke carburator,  boros bahan bakar, dan rawan dorongan balik.
  • Overlap sedikit : Meningkatkan respon RPM bawah, irit bahan bakar, dan rawan suhu lebih panas.

Nah, begitulah Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar. Semoga bermanfaat buat kalian. Dan jangan lupa share jika memang artikel ini di anggap bermanfaat. Terimakasih. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Ingat hasil kerja keras ga akan sia-sia.😁🤭🙏

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan menghasilk

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter