Skip to main content

Oli Mesin Naik Ke Filter Udara ??? (Ini Penyebab Yang Sebenarnya)

Oli Mesin Naik Ke Filter Udara ??? (Ini Penyebab Yang Sebenarnya)


https://kangkigi.blogspot.com/2019/11/oli-mesin-naik-ke-filter-udara.html

Oli mesin naik ke filter udara - Hai sobat, pasti kalian sering mendengar oli mesin yang bisa naik ke filter udara bukan ? Yah, tentu saja hal itu akan menyebabkan motor jadi kehilangan tenaga alias mengok (berat). Karena apa ? Karena filter udara yang tersumbat oleh oli, akan menghalangi jalur udara segar yang akan masuk ke carburator/injektor untuk di campurkan dengan bahan bakar yang akan di salurkan keruang bakar. Lantas apa penyebabnya ?

Penyebab yang sering terjadi pada hal tersebut adalah karena jumlah volume oli di dalam mesin tersebut terlalu berlebihan ( tidak sesuai dengan standard nya). Sehingga dalam kata lain mesin mengalami oper dosis. Sehingga oli akan terbuang dengan sendirinya melewati lubang amblas/pembuangan oli yang terhubung ke filter udara dengan sambungan selang.

Idealnya seperti ini. Pada saat mesin menyala/beroperasi karena mesin tidak dapat menampung oli yang terlalu banyak, untuk mengatasinya maka oli pun akan di buang dengan cara meluapkannya ke lubang amblas yang terhubung ke filter udara. Sehingga oli pun akan naik ke filter udara.

Tapi setiap ganti oli saya pakai oli yang sesuai dengan kapasitas mesin om. Tapi kenapa masih naik  juga ke filter udara ???

Nah, penyebab terjadinya hal tersebut memang bisa dari pemakaian oli yang terlalu banyak. Namun terjadinya oli naik ke filter udara juga bisa di sebabkan oleh beberapa faktor lain. Yaitu sebagai berikut :

Penyebab oli naik ke filter udara selain kelebihan oli


1. Banyak Endapan Kotoran Di Dalam Mesin

Penyebab yang pertama selain kelebihan oli, pada masalah oli naik ke filter udara adalah karena terlalu banyak kotoran yang mengendap di dalam mesin, dimana hal itu memang bisa di sebabkan karena pada saat akan mengganti oli dengan yang baru tidak dengan bersih mengeluarkan oli yang sebelumnya. Sehingga oli yang sebelumnya sudah kotor masih tersisa di dalam mesin dengan bentuk bercampur kotoran. Namun selain itu, hal ini juga bisa terjadi karena penggantian oli mesin yang terlalu lama, sehingga oli mengental dan menempel lengket di krengkes. Jadi pada saat oli di turunkan oli tidak terbuang semua.

Akibatnya, pada saat melakukan penggantian oli mesin dengan yang baru pada saat mesin beroperasi/di hidupkan. Maka si oli yang baru dan oli yang sebelumnya lengket menempel di krengkes akan  tercampur dan membuat kotoran meluap hingga keluar/terbuang lubang amblas dan menuju ke filter udara.

2. Kerusakan Pompa Oli/ Mampet

Penyebab selanjutnya bisa di sebabkan karena pompa oli yang rusak/ jalur oli yang tersumbat, dimana pada saat mesin menyala oli yang seharusnya mengalir ke bagian cylinder head justru malah akan mengalir ke lubang amblas/pembuangan yang tersambung ke box filter.

Namun selain hal itu pada bagian ini juga bisa mengakibatkan mesin cepat panas dan cepat rusak pada bagian cylinder head.

3. Kebocoran kompresi

Jika untuk mesin/motor-motor metik kebocoran kompresi yang di sebabkan piston & ring piston yang sudah aus ditambah lagi dengan sil klep yang bocor maka oli yang seharusnya bersirkulasi di jalan yang benar akan nyasar.

Idealnya seperti ini. Pada saat piston bergerak naik turun oli yang seharusnya tetap berada pada bagian mesin/krengkes akan ikut masuk keruang bakar karena piston/ring piston yang aus. Ditambah dengan sil klep yang bocor maka tekanan pada piston saat melakukan langkah kompresi akan ikut masuk ke bagian depan cylinder head, dan secara langsung membuang oli ke selang hawa yang terhubung ke box filter.

Jadi untuk kesimpulannya penyebab oli naik ke filter udara bukan hanya karena kelebihan oli saja. Dimana juga bisa di sebabkan karena pompa oli yang rusak/mampet dan kebocoran kompresi pada ruang bakar.

Nah, itulah beberapa penyebab Oli Mesin Naik Ke Filter Udara yang bisa saya ulaskan dalam artikel ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Dan jika memang ulasan ini di anggap bermanfaat kalian bisa membagikan tautan ini. Utuk sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan jangan lupa ikuti terus blog kami agar tidak ketinggalan artikel-artikel terbaru selanjutnya.

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan menghasilk

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar Cara Papas Noken As -  Chamsaft  atau biasa di sebut dengan Kem pada dasarnya adalah komponen yang sangat penting untuk meningkatkan peforma mesin 4 langkah. Karena disain dan bentuknya bisa di ubah sesuai ke inginkan kita, sehingga banyak orang melakukan perubahan pada kem tersebut. Akan tetapi masih banyak orang dalam cara mendesain atau berubahnya dengan cara yang salah, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh sebab itu untuk membuat disain yang benar dan ideal, memerlukan cara yang benar dengan harus memiliki atau mengetahui ilmu dasarnya terlebih dulu (Cara menghitung durasinya ). Supaya apa ? "Supaya hasil kerja keras kita tidak sia sia dan lebih maksimal. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Ok, jawaban singkat atas pertanyaan itu. Durasi atau ( DURATION ) adalah "Waktu yang di ukur dalam derajat putaran poros engkol (kruk as), dimana baik klep In maupun klep Ex sedang dalam ke adaa