Skip to main content

√ [100%] Penyebab motor mundur

√ [100%] Penyebab motor mundur


https://kangkigi.blogspot.com/2019/11/penyebab-motor-mundur.html

Penyebab motor mundur - Motor kalian mundur ? Gampang. Ini nih penyebab dan solusinya yang tepat.

Kejadian motor mundur pasti akan terdengar sangat aneh bagi yang awam dalam bidang otomotif dan perbengkelan bukan ??? Karena mungkin memang hanyalah di anggap sebagai lelucon sesaat.

Namun bagi yang sudah mengalami, dan tau apa penyebabnya pasti akan langsung menjawabnya tanpa basa basi.

Seperti halnya bangkigi disini akan berbagi sedikit pengalaman mengenai penyebab motor mundur yang sudah di alami beberapa waktu yang lalu. Lengkapnya sobat bisa simak ulasannya di bawah ini.

Ok bre, tanpa basa-basi kita langsung saja pada pada intinya. Seperti yang kita ketahui pada umumnya, kejadian motor mundur kebanyakan di alami oleh keluarga motor berjenis 2 langkah ( 2 tak ) seperti Rx-King, Fiz-r, Vespa dan lain-lain.

Memang apa sih penyebab motor mundur ?

Sebenarnya jawaban singkat atas pertanyaan itu, yakni karena PENGAPIAN. kenapa jawabannya pengapian ? Karena pengapian yang terjadi lebih awal daripada saat piston masih jauh meraih TMA. Maka akan menyebabkan dorongan balik yang berlawanan arah (terbalik).

Lantas apa penyebabnya ?

Menurut pengalaman ane pribadi, berhubung ane pernah ngalamin kejadian tersebut pada motor kesayangan ane (Vespa jadul)😁. Kejadian itu berawal dari coba-coba dimana 1 set pengapian tornado, ane coba mengaplikasikannya ke mesin Vespa.

Pada saat itu karena keadaan bengkel lagi sepi alias ga ada kerjaan, ngoprek-ngoprek dah tuh barang koleksi di tempat barang bekas. Pada saat itu kebetulan nemu pengapian tornado 1 set, terlintas pun terpikir ( kalo di pasang di Vespa makin kenceng ga ya larinya ?😁).

Tanpa basa basi pada saat itu juga ane langsung mencobanya, dari mulai ganti rotor magnet tornado pake punya Vespa, kemudian di bor ulang hingga pas dudukannya. Singkat cerita, sehingga tiba waktunya saat penyetelan. Perasaan mah udah bener tuh ya ane setel, kemudian di tes tuh coba di idupin, nyala mah nyala tuh tapi setelah di perhatiin ko putaran magnet kaya kebalik ya (mundur), ane matiin tuh langsung.

Kemudian ane coba dah tuh di idupin lagi , dan ternyata memang benar putaran magnet kebalik bre. Mau tidak mau di cari lagi dah tuh penyetelan sampai ketumu titik pasnya dimana. Dan alhasil penyetelanpun berhasil.
Setelah berapa minggu ke mudian karena si Vespa di bawa jalannya ngebut terus😁, tiba tiba pas ane peke ko jalannya mundur lagi padahal kemaren normal. Karena penasaran bongkar lagi dah tuh magnetnya, ternyata sepi magnetnya patah coy. Walah walah ada ada aja ni Vespa karuhun 😁 .

Nah bre, singkat cerita begitulah ceritanya. Sehingga ane bisa menyimpulkan, bahwa penyebab motor mundur adalah akibat TIMING pengapian yang tidak pas. Hal itupun bisa terjadi karena sepi magnet yang patah, dan bisa juga karena cara pemasangan yang kurang tepat/pas.

Nah bre itulah ulasan selengkapnya pada pembahasan kali ini mengenai Penyebab motor mundur berdasarkan pengalaman ane pribadi, semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat, dan untuk sebelumnya ane ucapkan terimakasih atas kunjungannya πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚.

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan menghasilk

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar Cara Papas Noken As -  Chamsaft  atau biasa di sebut dengan Kem pada dasarnya adalah komponen yang sangat penting untuk meningkatkan peforma mesin 4 langkah. Karena disain dan bentuknya bisa di ubah sesuai ke inginkan kita, sehingga banyak orang melakukan perubahan pada kem tersebut. Akan tetapi masih banyak orang dalam cara mendesain atau berubahnya dengan cara yang salah, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh sebab itu untuk membuat disain yang benar dan ideal, memerlukan cara yang benar dengan harus memiliki atau mengetahui ilmu dasarnya terlebih dulu (Cara menghitung durasinya ). Supaya apa ? "Supaya hasil kerja keras kita tidak sia sia dan lebih maksimal. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Ok, jawaban singkat atas pertanyaan itu. Durasi atau ( DURATION ) adalah "Waktu yang di ukur dalam derajat putaran poros engkol (kruk as), dimana baik klep In maupun klep Ex sedang dalam ke adaa