5 Cara Bikin Vespa Lebih Irit Dan Nyaman
5 Cara Bikin Vespa Lebih Irit Dan Nyaman - Vespa tua adalah jenis kendaraan scooter yang sampai sekarang ini masih banyak di gemari oleh semua kalangan, dari mulai kalangan anak muda hingga kalangan orang tua sekalipun (termasuk ane).
Walaupun Vespa ini termasuk kendaraan jadul dan di kenal agak sedikit lebih boros dalam mengkonsumsi BBM, tapi bagi scooterist yang sudah menjiwai alias scooterist sejati hal tersebut sebenarnya bukan menjadi alasan agar hobinya ini di tinggalkan.
Namun bagi sobat yang ingin membuat Vespa nya lebih irit dan lebih nyaman, memang tidak ada salahnya. Tapi jika sobat bandingkan dengan motor jenis lainnya, justru Vespa ini terbilang paling irit di kalangan jenis motor 2 tak.
Dengan kapasitas mesin 150cc dan kemampuan 110 km/jam dalam kecepatan standar pabrikannya, Vespa mampu menempuh jarak 40/50 km dengan perliter bahan bakar yang di konsumsinya. Tentu saja hal ini bisa membuktikan bukan.
Namun kembali lagi, jika sobat masih kekeh ingin membuat Vespa nya lebih irit. Kali ini bangkigi punya 5 cara yang harus sobat praktek kan pada Vespa tuanya untuk memebuat vespa lebih irit dan nyaman. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak ulasan di bawah ini.
5 Cara Bikin Vespa Lebih Irit Dan Nyaman
1• Atur timing pengapian
Timing pengapian adalah waktu yang di tentukan untuk busi memercikan bunga api dengan posisi piston yang juga sudah ditentukan untuk melakukan langkah suatu proses pembakaran di dalam ruang bakar. Jika Vespa sobat di anggap boros, melakukan penyetelan pada timing pengapian adalah salah satu cara untuk membuatnya menjadi lebih irit.
Namun jika Vespa sobat memakai jenis pengapian sistem CDI mungkin poin no satu ini bisa sobat abaikan, walaupun sebenarnya pengapian CDI ini bisa di set ulang pada timing pengapiannya. Tapi jelasnya pengapian CDI ini sudah mampu memberikan aliran listrik yang lebih menyengat di bandingan jenis pengapian platina.
Namun jika Vespa sobat memakai jenis platina mungkin poin ini juga akan sangat berguna. Untuk mengenai caranya sobat bisa lihat pada artikel referensi ini "cara menyetel platina Vespa".
2• Mengecek paking karburator
Menurut pengalaman pribadi, Vespa akan terasa boros jika paking karburator yang ke bagian mesin "lubang isap" mengalami kebocoran. Hal tersebut karena akan mengakibatkan bahan bakar yang di konsumsi terbuang dengan sia-sia.
Bukan hanya itu, paking karburator yang bocor juga akan mengakibatkan motor terasa ngempos dan juga mengakibatkan gas motor susah turun. Maka dari itu poin ini juga jangan sampai sobat lewatkan.
3• Menyetel/ setting setelan angin
Menyetel ulang stelan angin adalah cara sederhana yang sering banyak scooterist lakukan untuk mengoptimalkan pengonsumsian bahan bakar agar tidak terlalu boros. Bukan hanya itu stelan angin yang pas juga akan membuat laju kendaraan menjadi semakin nyaman untuk di kendarai.
Adapun cara untuk menyetelnya sobat bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut ;
• Hidupkan mesin terlebih dulu (akan lebih baik jika mesin dalam kondisi masih panas/sehabis di pakai).
• Perbesar langsam/ setelan gas yang berada di atas karburator, atau jika tidak sobat bisa putar dan tahan handgrif gas supaya gas sedikit besar.
• Putar setelan angin kekanan atau searah jarum jam sampai mentok.
• Kemudian buka atau putar setelan angin tadi ke kiri hingga putaran gas semakin tinggi "menyesuaikan" hingga terdengar suara dan setelan yang di anggap paling mantep.
• Setelah di rasa mantep atau mesin sudah mencapai kondisi ideal, setelan langsam sobat atur lagi ke posisi semula.
• Stel kembali langsam hingga benar-benar di rasa sudah pas, jangan terlalu kecil agar mesin tidak mudah mati dan jangan terlalu besar agar saat perpindahan gigi tidak terlalu menyentak.
4• Mengganti repair kit karburator
Jika setelah sobat melakukan penyetelan pada stelan angin Vespa sobat masih saja dirasa masih boros, untuk membuatnya lebih irit sobat bisa mengganti bagian part ini. Namun untuk membelinya sobat jangan asal beli aja, dimana memang repair kit ini di spesifikasi kan berdasarkan jenis Vespa sobat.
Jika Vespa sobat PX maka belilah repair kit untuk PX, jika super belilah untuk super dan lain sebagainnya. Jangan asal main memperkecil lubang supernya, karena bisa saja settingannya malah akan ngaco dan susah di stel.
5• Mengecek Ukuran Piston
Menurut pengalaman pribadi, ukuran piston juga menentukan seberapa banyak konsumsi bahan bakar yang akan di pakai. Karena semakin besar ukuran piston maka konsumsi bahan bakar "BBM" akan semakin banyak atau boros.
Untuk ukuran piston yang bisa di kategorikan maksimal adalah 1 s/d 5m, selain itu baik dari 6 s/d 10m maka bisa di katakan mulai mengalami getaran yang cukup lebih sehingga akan boros bahan bakar. Bagi sobat yang ogah ambil pusing sobat bisa langsung ganti blok nya pakai ukuran yang standarnya lagi.
Ok sob, berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai 5 Cara Bikin Vespa Lebih Irit Dan Nyaman semoga dengan adanya ulasan ini bisa bermanfaat bagi sobat semua, dan terimakasih atas kunjungannya.🙂🙂🙂
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya pada blog yang sederhana ini, untuk membantu blog ini tetap terbangun dan lebih baik. Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang bermanfaat di kolom komentar. TERIMAKASIH