Skip to main content

5 Cara Bikin Vespa Lebih Irit Dan Nyaman

5 Cara Bikin Vespa Lebih Irit Dan Nyaman


5 Cara Bikin Vespa Lebih Irit Dan Nyaman - Vespa tua adalah jenis kendaraan scooter yang sampai sekarang ini masih banyak di gemari oleh semua kalangan, dari mulai kalangan anak muda hingga kalangan orang tua sekalipun (termasuk ane).

Walaupun Vespa ini termasuk kendaraan jadul dan di kenal agak sedikit lebih boros dalam mengkonsumsi BBM, tapi bagi scooterist yang sudah menjiwai alias scooterist sejati hal tersebut sebenarnya bukan menjadi alasan agar hobinya ini di tinggalkan.

Namun bagi sobat yang ingin membuat Vespa nya lebih irit dan lebih nyaman, memang tidak ada salahnya. Tapi jika sobat bandingkan dengan motor jenis lainnya, justru Vespa ini terbilang paling irit di kalangan jenis motor 2 tak.

Dengan kapasitas mesin 150cc dan kemampuan 110 km/jam dalam kecepatan standar pabrikannya, Vespa mampu menempuh jarak 40/50 km dengan perliter bahan bakar yang di konsumsinya. Tentu saja hal ini bisa membuktikan bukan.

Namun kembali lagi, jika sobat masih kekeh ingin membuat Vespa nya lebih irit. Kali ini bangkigi punya 5 cara yang harus sobat praktek kan pada Vespa tuanya untuk memebuat vespa lebih irit dan nyaman. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak ulasan di bawah ini.

5 Cara Bikin Vespa Lebih Irit Dan Nyaman

https://www.bangkigi.xyz/2020/03/5-cara-bikin-vespa-lebih-irit-dan-nyaman.html

1• Atur timing pengapian

Timing pengapian adalah waktu yang di tentukan untuk busi memercikan bunga api dengan posisi piston yang juga sudah ditentukan untuk melakukan langkah suatu proses pembakaran di dalam ruang bakar. Jika Vespa sobat di anggap boros, melakukan penyetelan pada timing pengapian adalah salah satu cara untuk membuatnya menjadi lebih irit.

Namun jika Vespa sobat memakai jenis pengapian sistem CDI mungkin poin no satu ini bisa sobat abaikan, walaupun sebenarnya pengapian CDI ini bisa di set ulang pada timing pengapiannya. Tapi jelasnya pengapian CDI ini sudah mampu memberikan aliran listrik yang lebih menyengat di bandingan jenis pengapian platina.

Namun jika Vespa sobat memakai jenis platina mungkin poin ini juga akan sangat berguna. Untuk mengenai caranya sobat bisa lihat pada artikel referensi ini "cara menyetel platina Vespa".

2• Mengecek paking karburator

Menurut pengalaman pribadi, Vespa akan terasa boros jika paking karburator yang ke bagian mesin "lubang isap" mengalami kebocoran. Hal tersebut karena akan mengakibatkan bahan bakar yang di konsumsi terbuang dengan sia-sia.

Bukan hanya itu, paking karburator yang bocor juga akan mengakibatkan motor terasa ngempos dan juga mengakibatkan gas motor susah turun. Maka dari itu poin ini juga jangan sampai sobat lewatkan.

3• Menyetel/ setting setelan angin

Menyetel ulang stelan angin adalah cara sederhana yang sering banyak scooterist lakukan untuk mengoptimalkan pengonsumsian bahan bakar agar tidak terlalu boros. Bukan hanya itu stelan angin yang pas juga akan membuat laju kendaraan menjadi semakin nyaman untuk di kendarai.

Adapun cara untuk menyetelnya sobat bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut ;

• Hidupkan mesin terlebih dulu (akan lebih baik jika mesin dalam kondisi masih panas/sehabis di pakai).
• Perbesar langsam/ setelan gas yang berada di atas karburator, atau jika tidak sobat bisa putar dan tahan handgrif gas supaya gas sedikit besar.
• Putar setelan angin kekanan atau searah jarum jam sampai mentok.
• Kemudian buka atau putar setelan angin tadi ke kiri hingga putaran gas semakin tinggi "menyesuaikan" hingga terdengar suara dan setelan yang di anggap paling mantep.
• Setelah di rasa mantep atau mesin sudah mencapai kondisi ideal, setelan langsam sobat atur lagi ke posisi semula.
• Stel kembali langsam hingga benar-benar di rasa sudah pas, jangan terlalu kecil agar mesin tidak mudah mati dan jangan terlalu besar agar saat perpindahan gigi tidak terlalu menyentak.

4• Mengganti repair kit karburator

Jika setelah sobat melakukan penyetelan pada stelan angin Vespa sobat masih saja dirasa masih boros, untuk membuatnya lebih irit sobat bisa mengganti bagian part ini. Namun untuk membelinya sobat jangan asal beli aja, dimana memang repair kit ini di spesifikasi kan berdasarkan jenis Vespa sobat.

Jika Vespa sobat PX maka belilah repair kit untuk PX, jika super belilah untuk super dan lain sebagainnya. Jangan asal main memperkecil lubang supernya, karena bisa saja settingannya malah akan ngaco dan susah di stel.

5• Mengecek Ukuran Piston

Menurut pengalaman pribadi, ukuran piston juga menentukan seberapa banyak konsumsi bahan bakar yang akan di pakai. Karena semakin besar ukuran piston maka konsumsi bahan bakar "BBM" akan semakin banyak atau boros.

Untuk ukuran piston yang bisa di kategorikan maksimal adalah 1 s/d 5m, selain itu baik dari 6 s/d 10m maka bisa di katakan mulai mengalami getaran yang cukup lebih sehingga akan boros bahan bakar. Bagi sobat yang ogah ambil pusing sobat bisa langsung ganti blok nya pakai ukuran yang standarnya lagi.

Ok sob, berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai 5 Cara Bikin Vespa Lebih Irit Dan Nyaman semoga dengan adanya ulasan ini bisa bermanfaat bagi sobat semua, dan terimakasih atas kunjungannya.🙂🙂🙂

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan menghasilk

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar Cara Papas Noken As -  Chamsaft  atau biasa di sebut dengan Kem pada dasarnya adalah komponen yang sangat penting untuk meningkatkan peforma mesin 4 langkah. Karena disain dan bentuknya bisa di ubah sesuai ke inginkan kita, sehingga banyak orang melakukan perubahan pada kem tersebut. Akan tetapi masih banyak orang dalam cara mendesain atau berubahnya dengan cara yang salah, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh sebab itu untuk membuat disain yang benar dan ideal, memerlukan cara yang benar dengan harus memiliki atau mengetahui ilmu dasarnya terlebih dulu (Cara menghitung durasinya ). Supaya apa ? "Supaya hasil kerja keras kita tidak sia sia dan lebih maksimal. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Ok, jawaban singkat atas pertanyaan itu. Durasi atau ( DURATION ) adalah "Waktu yang di ukur dalam derajat putaran poros engkol (kruk as), dimana baik klep In maupun klep Ex sedang dalam ke adaa