Skip to main content

[100% Mudah] Cara Menyetel Dan Memperbaiki Platina Vespa

[100% Mudah] Cara Menyetel Dan Memperbaiki Platina Vespa


[100% Mudah] Cara Menyetel Dan Memperbaiki Platina Vespa - Platina adalah sistem pengapian yang sampai sekarang ini masih banyak di gunakan oleh kendaraan Vespa tua alias Vespa 2 tak. Tidak bisa di pungkiri Vespa tua seperti Vespa super, sprint ,PTS atau semua jenis Vespa yang di produksi di bawah tahun 80an di kenal dengan sistem pengapian platina nya.

Pengapian platina sangat di kenal pada masanya, hingga semua pabrikan motor memproduksi kendaraan dengan jenis pengapian platina ini. Namun apa yang terjadi setelah pengapian CDI kian muncul, pengapian platina kini kian meredup hingga kendaraan dengan jenis pengapian platina ini sudah tidak di produksi lagi.

Jika para sobat membandingkan pengapian platina ini dengan jenis pengapian CDI tentunya para sobat lebih banyak memilih jenis pengapian CDI. Tida bisa di pungkiri jenis pengapian CDI memang lebih simpel dan praktis, tidak perlu melakukan setel sana dan setel sini.

Walaupun begitu, bagi sobat yang sudah terbiasa dan fanatik dengan Vespa tua nya alias Vespa 2 tak, pastinya tidak akan merubah pendiriannya untuk terus memakai pengapian jenis platina ini. Bukan tanpa alasan, bagi sobat yang sudah terbiasa dengan pengapian jenis platina ini tentunya sudah tau apa resikonya dan bahkan punya cara tersendiri untuk memperbaikinya.

Namun hal tersebut tidak akan berlaku bagi sobat yang baru mengenal Vespa dengan jenis pengapian platina ini. Maka dari itu bangkigi di sini kali ini akan memberikan ulasan mengenai cara menyetel platina Vespa yang brebet maupun nembak. Lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini.

Cara Menyetel Dan Memperbaiki Platina Vespa


Cara menyetel dan memperbaiki platina Vespa sebenarnya cukup mudah kok, sobat tinggal ikutin aja langkah-langkah di bawah ini.

Tapi sob sebelum melangkah lebih jauh, bagi sobat yang awam alias baru mengenal pengapian platina pada Vespa tuanya, sobat wajib perhatikan bentuk dan posisinya terlebih dulu. Lengkapnya sobat bisa lihat gambar di bawah ini.

[100% Mudah] Cara Menyetel Dan Memperbaiki Platina Vespa

  • Bentuk dan posisi platina Vespa
Gambar di atas adalah bentuk dan posisi platina Vespa. Bisa sobat lihat platina memiliki dua permukaan yang berbentuk seperti batu jam tangan.
Kerenggangan platina yang ideal adalah kisaran 0.30 - 0.50 mm atau sama seperti satu helai lembar kertas. Gambar di atas menunjukan kerenggangan platina yang normal alias tidak memiliki masalah seperti yang sobat alami.

Jika Vespa sobat brebet atau nembak nembak  bisa saja platina sedang eror alias jarak kerenggangan nya berubah. Jika iya, sobat tinggal menyetelnya kembali dan buat kerenggangan platina nya seperti yang sudah di sebutkan di atas.

Jika sobat masih bingung, bagaimana cara menyetelnya ? Sobah ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.


1• Seperti yang terlihat pada gambar di atas, langkah pertama sobat buka businya terlebih dulu. Kemudian sobat atur posisi piston pada titik mati atas (TMA).

Untuk memastikan apakah piston sudah berada di TMA apa tidak, sobat bisa menggunakan obeng. Dengan cara masukan obeng tersebut pada lubang busi, jika piston sudah berada di TMA maka obeng yang akan masuk hanya sedikit, begitupun sebaliknya.

2• Jika sobat sudah memastikan piston sudah berada di TMA kemudian sobat putar kipas magnet nya ke belakang (berlawanan arah jam) sedikit saja "ingat ya sob sedikit aja".

Atau jika sobat bingung, intinya buat piston turun sedikit sebelum TMA.


3• Selanjutnya sobat tinggal atur bagian yang di beri tanda pada gambar di atas, jika terlalu rapat sobat renggang kan dan jika terlalu renggang maka sobat tinggal rapatkan.

4• Pasang kembali busi dan coba hidupkan.

Nah sob itulah cara menyetel platina pada Vespa yang kian brebet atau nembak nembak, gimana mudah kan ? Oh iya, jika setelah melakukan penyetelan ini kendala pada Vespa sobat masih berlanjut. Sobat di wajibkan juga mengecek bagian pengapian lainnya seperti, koil dan kondensor nya.

Demikian lah sob pembahasan mengenai [100% Mudah] Cara Menyetel Dan Memperbaiki Platina Vespa semoga bisa berguna dan bermanfaat, dan selamat mencoba nya.🙂🙂🙂

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan menghasilk

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar Cara Papas Noken As -  Chamsaft  atau biasa di sebut dengan Kem pada dasarnya adalah komponen yang sangat penting untuk meningkatkan peforma mesin 4 langkah. Karena disain dan bentuknya bisa di ubah sesuai ke inginkan kita, sehingga banyak orang melakukan perubahan pada kem tersebut. Akan tetapi masih banyak orang dalam cara mendesain atau berubahnya dengan cara yang salah, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh sebab itu untuk membuat disain yang benar dan ideal, memerlukan cara yang benar dengan harus memiliki atau mengetahui ilmu dasarnya terlebih dulu (Cara menghitung durasinya ). Supaya apa ? "Supaya hasil kerja keras kita tidak sia sia dan lebih maksimal. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Ok, jawaban singkat atas pertanyaan itu. Durasi atau ( DURATION ) adalah "Waktu yang di ukur dalam derajat putaran poros engkol (kruk as), dimana baik klep In maupun klep Ex sedang dalam ke adaa