[100% Mudah] Cara Menyetel Dan Memperbaiki Platina Vespa
[100% Mudah] Cara Menyetel Dan Memperbaiki Platina Vespa - Platina adalah sistem pengapian yang sampai sekarang ini masih banyak di gunakan oleh kendaraan Vespa tua alias Vespa 2 tak. Tidak bisa di pungkiri Vespa tua seperti Vespa super, sprint ,PTS atau semua jenis Vespa yang di produksi di bawah tahun 80an di kenal dengan sistem pengapian platina nya.
Pengapian platina sangat di kenal pada masanya, hingga semua pabrikan motor memproduksi kendaraan dengan jenis pengapian platina ini. Namun apa yang terjadi setelah pengapian CDI kian muncul, pengapian platina kini kian meredup hingga kendaraan dengan jenis pengapian platina ini sudah tidak di produksi lagi.
Jika para sobat membandingkan pengapian platina ini dengan jenis pengapian CDI tentunya para sobat lebih banyak memilih jenis pengapian CDI. Tida bisa di pungkiri jenis pengapian CDI memang lebih simpel dan praktis, tidak perlu melakukan setel sana dan setel sini.
Walaupun begitu, bagi sobat yang sudah terbiasa dan fanatik dengan Vespa tua nya alias Vespa 2 tak, pastinya tidak akan merubah pendiriannya untuk terus memakai pengapian jenis platina ini. Bukan tanpa alasan, bagi sobat yang sudah terbiasa dengan pengapian jenis platina ini tentunya sudah tau apa resikonya dan bahkan punya cara tersendiri untuk memperbaikinya.
Namun hal tersebut tidak akan berlaku bagi sobat yang baru mengenal Vespa dengan jenis pengapian platina ini. Maka dari itu bangkigi di sini kali ini akan memberikan ulasan mengenai cara menyetel platina Vespa yang brebet maupun nembak. Lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini.
Cara Menyetel Dan Memperbaiki Platina Vespa
Cara menyetel dan memperbaiki platina Vespa sebenarnya cukup mudah kok, sobat tinggal ikutin aja langkah-langkah di bawah ini.
Tapi sob sebelum melangkah lebih jauh, bagi sobat yang awam alias baru mengenal pengapian platina pada Vespa tuanya, sobat wajib perhatikan bentuk dan posisinya terlebih dulu. Lengkapnya sobat bisa lihat gambar di bawah ini.
|
Gambar di atas adalah bentuk dan posisi platina Vespa. Bisa sobat lihat platina memiliki dua permukaan yang berbentuk seperti batu jam tangan.
Kerenggangan platina yang ideal adalah kisaran 0.30 - 0.50 mm atau sama seperti satu helai lembar kertas. Gambar di atas menunjukan kerenggangan platina yang normal alias tidak memiliki masalah seperti yang sobat alami.
Jika Vespa sobat brebet atau nembak nembak bisa saja platina sedang eror alias jarak kerenggangan nya berubah. Jika iya, sobat tinggal menyetelnya kembali dan buat kerenggangan platina nya seperti yang sudah di sebutkan di atas.
Jika sobat masih bingung, bagaimana cara menyetelnya ? Sobah ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.
1• Seperti yang terlihat pada gambar di atas, langkah pertama sobat buka businya terlebih dulu. Kemudian sobat atur posisi piston pada titik mati atas (TMA).
Untuk memastikan apakah piston sudah berada di TMA apa tidak, sobat bisa menggunakan obeng. Dengan cara masukan obeng tersebut pada lubang busi, jika piston sudah berada di TMA maka obeng yang akan masuk hanya sedikit, begitupun sebaliknya.
2• Jika sobat sudah memastikan piston sudah berada di TMA kemudian sobat putar kipas magnet nya ke belakang (berlawanan arah jam) sedikit saja "ingat ya sob sedikit aja".
Atau jika sobat bingung, intinya buat piston turun sedikit sebelum TMA.
3• Selanjutnya sobat tinggal atur bagian yang di beri tanda pada gambar di atas, jika terlalu rapat sobat renggang kan dan jika terlalu renggang maka sobat tinggal rapatkan.
4• Pasang kembali busi dan coba hidupkan.
Nah sob itulah cara menyetel platina pada Vespa yang kian brebet atau nembak nembak, gimana mudah kan ? Oh iya, jika setelah melakukan penyetelan ini kendala pada Vespa sobat masih berlanjut. Sobat di wajibkan juga mengecek bagian pengapian lainnya seperti, koil dan kondensor nya.
Demikian lah sob pembahasan mengenai [100% Mudah] Cara Menyetel Dan Memperbaiki Platina Vespa semoga bisa berguna dan bermanfaat, dan selamat mencoba nya.🙂🙂🙂
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya pada blog yang sederhana ini, untuk membantu blog ini tetap terbangun dan lebih baik. Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang bermanfaat di kolom komentar. TERIMAKASIH