Skip to main content

Rahasia Papas Noken As, Untuk Di Ketahui

Rahasia Papas Noken As, Untuk Di Ketahui


Papas noken as bukan lagi hal yang menghalangi para sobat otomotif untuk membuat mesin motornya menjadi lebih kencang dan bertenaga. Melainkan sudah menjadi kewajiban yang harus di lakukan jika sobat menginginkan kuda besinya bisa berlari lebih kencang.

Memodifikasi alias papas noken as pada dasarnya bisa di lakukan oleh semua orang, termasuk bagi sobat yang awam sekalipun. Namun yang jadi pertanyaan, apakah hal tersebut di lakukan dengan benar ? Apa perhitungan durasinya sudah tepat ? Atau hanya asal-asalan saja ?

Perlu sobat ketahui noken as akan bekerja dengan maksimal alias bisa menghasilkan tenaga yang sangat besar jika sobat memodifikasinya dengan cara dan perhitungan yang benar. Apalagi jika di sertai dengan pengerjaan yang lebih berhati-hati niscaya modifikasi noken as yang sobat lakukan akan sesuai dengan harapan.

Lantas bagaimana cara modifikasi alias papas noken as yang benar ? Lengkapnya sobat bisa simak di bawah ini.

Rahasia Papas Noken As, Untuk Di Ketahui

https://www.bangkigi.xyz/2020/03/rahasia-papas-noken-as-untuk-di-ketahui.html

Sebelum melakukan langkah yang terlalu jauh, sobat harus pastikan terlebih dulu untuk keperluan apa papas noken as yang sobat lakukan. Untuk cross/ adventure ? trek lurus alias drag ? atau hanya untuk kebut-kebutan di jalanan alias KOHAR "korek harian" ?

Tujuan utama modifikasi alias papas noken as sebenarnya hanya satu, yakni mengatur ulang waktu "timing" buka tutupnya klep sesuai yang kita inginkan. Makanya seperti yang di bilang tadi, sangat penting bagi sobat memastikan terlebih dulu untuk keperluan apa papas noken as yang sobat lakukan, karena pada dasarnya pada setiap keperluan mesin membutuhkan waktu "timing" bukaan klep yang berbeda.

Modifikasi Durasi Noken As


Durasi noken as adalah waktu yang di ukur dalam putaran derajat kruk as, dimana klep in maupun klep ex dalam keadaan terbuka. Modifikasi durasi pada noken as harus sobat perhatikan dengan jeli dan teliti, jangan sampai klep membuka terlalu cepat dan menutup terlalu lambat.

Jika sobat masih bingung atau bahkan belum tau sama sekali menentukan dan cara menghitung durasi pada noken as, sobat bisa membaca artiker referensi ini "cara menghitung durasi noken as pakai rumus gigi sentrik yang benar".

Durasi pada noken as akan sangat berpengaruh besar terhadap torsi dan rentang tenaga yang di hasilkan, "mempertinggi durasi berarti memperlama bukaan klep" yang berarti torsi akan meningkat dari RPM menengah ke atas. Membuat klep in membuka lebih lama adalah pilihan yang tepat jiga sobat berniat untuk membuat kuda besinya bisa berlari lebih kencang di trek lurus alias drag.

Sedangkan untuk memaksimalkan langkah buang, sobat cukup membuat klep ex mulai terbuka (baru akan terbuka) pada saat posisi piston di tengah-tengah langkah usaha. Bukan tanpa alasan, membuat klep ex sudah terbuka penuh pada saat piston berada di TMB dan akan melakukan langkah buang 99 % gas sisa pembakaran akan dapat terbuang dengan sempurna.

Merubah Overlap Noken As


Untuk menghasilkan tenaga dan peforma mesin yang lebih meningkat, bukan hanya pada durasi saja yang harus sobat modifikasi, yakni pada bagian OVERLAP nya juga harus dilakukan renovasi. Memang apa overlap pada noken as itu ?

Overlap pada noken as adalah waktu dimana kedua klep dalam keadaan sedikit terbuka, terjadi di akhir langkah buang dan di awal langkah usaha. Bukan hanya itu, overlap terjadi untuk melakukan pembilasan di dalam ruang bakar dimana gas sisa pembakaran akan terbuang dan gas segar akan masuk pada ruang bakar.

Overlap bertujuan untuk membantu daya kevakuman yang akan di hasilkan port ex dengan gaya momentum ketika klep ex hendak akan menutup. Dan pada saat klep in membuka secara otomatis udara dan bahan bakar akan tertarik masuk keruang bakar dengan adanya penurunan tekanan pada port ex.

Noken as dengan overlaping tinggi akan membuat pembilasan yang baik pada putaran mesin meningkat sehingga RPM tinggi akan lebih ngisi. Namun jangan salah, pilihan ini membuat tenaga di putaran bawah jadi kurang bertenaga.

Mempertinggi overlap berarti membuat klep in membuka lebih dini, sehingga rawan terjadinya dorongan balik terhadap karburator. Jika hal itu terjadi, gas yang akan masuk pada ruang bakar akan terdorong balik ke port in menuju karburator, sehingga konsumsi bahan bakar lebih boros.

Noken as dengan overlaping rendah membuat torsi putaran bawah semakin meningkat, namun jangan salah rentang tenaga di RPM tinggi akan kurang terasa alias nahan.

Memper rendah overlap berati membuat klep in membuka lebih lambat, sehingga pembilasan akan kurang relatif serta konsumsi bahan bakar akan lebih irit.

Merubah Lifter Lobe Dengan Memapas Bagian "Perut" Noken As


Memapas bagian perut noken as sama halnya dengan membuat lift "tonjolan" menjadi lebih tinggi sehingga membuat bukaan klep akan menjadi lebih tinggi dan membuat aliran bahan bakar dan udara akan mudah masuk dengan banyak. Bukan hanya itu, membuat lift pada noken as lebih tinggi sama halnya dengan memperbesar diameter payung klep.

Namun jangan salah jika sobat memilih untuk membuat lift pada noken as lebih tinggi, sobat perlu perhatikan juga kekuatan per klepnya. Atau untuk mengatasinya sobat bisa mengaplikasikan per racing seperti khusus kompetisi.

Lift Tinggi


Seperti yang di sebutkan di atas membuat lift tinggi pada noken as membutuhkan per klep yang kuat untuk menghindari terjadinya floating. Tinggi bukaan klep modifikasi pada noken as yang ideal tidak melebihi angkatan 25% - 30% dari diameter payung klep.

Misal Honda Sonic memiliki diameter payung klep in 28 mm, maka tinggi bukaan klep yang di sarankan 30% x 28 = 8,4 mm. Dengan lift setinggi itu tentu saja membutuhkan per klep yang lebih kuat.

Profil Gemuk


Merubah profil lobe "tonjolan" berati merubah durasi dan angkatan buka klep. Atau dalam kata lain sama halnya dengan mengatur lama atau sebentar nya klep terbuka.

Membuat profil lobe tinggi berarti memperbesar durasi bukaan klep, akan bagus untuk memaksimalkan aliran bahan bakar dan udara yang akan masuk pada ruang bakar. Bukan hanya itu hal ini juga akan membuat pasokan udara dan bahan bakar akan mudah di dapat ketika putaran mesin semakin meningkat.

Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai pembahasan Rahasia Papas Noken As, Untuk Di Ketahui yang bisa bangkigi sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat semua dan selamat mencobanya. 🙂🙂🙂

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan menghasilk

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar

Cara Papas Noken As Pakai Rumus Gigi Sentrik Yang Benar Cara Papas Noken As -  Chamsaft  atau biasa di sebut dengan Kem pada dasarnya adalah komponen yang sangat penting untuk meningkatkan peforma mesin 4 langkah. Karena disain dan bentuknya bisa di ubah sesuai ke inginkan kita, sehingga banyak orang melakukan perubahan pada kem tersebut. Akan tetapi masih banyak orang dalam cara mendesain atau berubahnya dengan cara yang salah, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh sebab itu untuk membuat disain yang benar dan ideal, memerlukan cara yang benar dengan harus memiliki atau mengetahui ilmu dasarnya terlebih dulu (Cara menghitung durasinya ). Supaya apa ? "Supaya hasil kerja keras kita tidak sia sia dan lebih maksimal. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Ok, jawaban singkat atas pertanyaan itu. Durasi atau ( DURATION ) adalah "Waktu yang di ukur dalam derajat putaran poros engkol (kruk as), dimana baik klep In maupun klep Ex sedang dalam ke adaa