Rahasia Papas Noken As, Untuk Di Ketahui
Papas noken as bukan lagi hal yang menghalangi para sobat otomotif untuk membuat mesin motornya menjadi lebih kencang dan bertenaga. Melainkan sudah menjadi kewajiban yang harus di lakukan jika sobat menginginkan kuda besinya bisa berlari lebih kencang.
Memodifikasi alias papas noken as pada dasarnya bisa di lakukan oleh semua orang, termasuk bagi sobat yang awam sekalipun. Namun yang jadi pertanyaan, apakah hal tersebut di lakukan dengan benar ? Apa perhitungan durasinya sudah tepat ? Atau hanya asal-asalan saja ?
Perlu sobat ketahui noken as akan bekerja dengan maksimal alias bisa menghasilkan tenaga yang sangat besar jika sobat memodifikasinya dengan cara dan perhitungan yang benar. Apalagi jika di sertai dengan pengerjaan yang lebih berhati-hati niscaya modifikasi noken as yang sobat lakukan akan sesuai dengan harapan.
Lantas bagaimana cara modifikasi alias papas noken as yang benar ? Lengkapnya sobat bisa simak di bawah ini.
Rahasia Papas Noken As, Untuk Di Ketahui
Sebelum melakukan langkah yang terlalu jauh, sobat harus pastikan terlebih dulu untuk keperluan apa papas noken as yang sobat lakukan. Untuk cross/ adventure ? trek lurus alias drag ? atau hanya untuk kebut-kebutan di jalanan alias KOHAR "korek harian" ?
Tujuan utama modifikasi alias papas noken as sebenarnya hanya satu, yakni mengatur ulang waktu "timing" buka tutupnya klep sesuai yang kita inginkan. Makanya seperti yang di bilang tadi, sangat penting bagi sobat memastikan terlebih dulu untuk keperluan apa papas noken as yang sobat lakukan, karena pada dasarnya pada setiap keperluan mesin membutuhkan waktu "timing" bukaan klep yang berbeda.
Modifikasi Durasi Noken As
Durasi noken as adalah waktu yang di ukur dalam putaran derajat kruk as, dimana klep in maupun klep ex dalam keadaan terbuka. Modifikasi durasi pada noken as harus sobat perhatikan dengan jeli dan teliti, jangan sampai klep membuka terlalu cepat dan menutup terlalu lambat.
Jika sobat masih bingung atau bahkan belum tau sama sekali menentukan dan cara menghitung durasi pada noken as, sobat bisa membaca artiker referensi ini "cara menghitung durasi noken as pakai rumus gigi sentrik yang benar".
Durasi pada noken as akan sangat berpengaruh besar terhadap torsi dan rentang tenaga yang di hasilkan, "mempertinggi durasi berarti memperlama bukaan klep" yang berarti torsi akan meningkat dari RPM menengah ke atas. Membuat klep in membuka lebih lama adalah pilihan yang tepat jiga sobat berniat untuk membuat kuda besinya bisa berlari lebih kencang di trek lurus alias drag.
Sedangkan untuk memaksimalkan langkah buang, sobat cukup membuat klep ex mulai terbuka (baru akan terbuka) pada saat posisi piston di tengah-tengah langkah usaha. Bukan tanpa alasan, membuat klep ex sudah terbuka penuh pada saat piston berada di TMB dan akan melakukan langkah buang 99 % gas sisa pembakaran akan dapat terbuang dengan sempurna.
Merubah Overlap Noken As
Untuk menghasilkan tenaga dan peforma mesin yang lebih meningkat, bukan hanya pada durasi saja yang harus sobat modifikasi, yakni pada bagian OVERLAP nya juga harus dilakukan renovasi. Memang apa overlap pada noken as itu ?
Overlap pada noken as adalah waktu dimana kedua klep dalam keadaan sedikit terbuka, terjadi di akhir langkah buang dan di awal langkah usaha. Bukan hanya itu, overlap terjadi untuk melakukan pembilasan di dalam ruang bakar dimana gas sisa pembakaran akan terbuang dan gas segar akan masuk pada ruang bakar.
Overlap bertujuan untuk membantu daya kevakuman yang akan di hasilkan port ex dengan gaya momentum ketika klep ex hendak akan menutup. Dan pada saat klep in membuka secara otomatis udara dan bahan bakar akan tertarik masuk keruang bakar dengan adanya penurunan tekanan pada port ex.
Noken as dengan overlaping tinggi akan membuat pembilasan yang baik pada putaran mesin meningkat sehingga RPM tinggi akan lebih ngisi. Namun jangan salah, pilihan ini membuat tenaga di putaran bawah jadi kurang bertenaga.
Mempertinggi overlap berarti membuat klep in membuka lebih dini, sehingga rawan terjadinya dorongan balik terhadap karburator. Jika hal itu terjadi, gas yang akan masuk pada ruang bakar akan terdorong balik ke port in menuju karburator, sehingga konsumsi bahan bakar lebih boros.
Noken as dengan overlaping rendah membuat torsi putaran bawah semakin meningkat, namun jangan salah rentang tenaga di RPM tinggi akan kurang terasa alias nahan.
Memper rendah overlap berati membuat klep in membuka lebih lambat, sehingga pembilasan akan kurang relatif serta konsumsi bahan bakar akan lebih irit.
Merubah Lifter Lobe Dengan Memapas Bagian "Perut" Noken As
Memapas bagian perut noken as sama halnya dengan membuat lift "tonjolan" menjadi lebih tinggi sehingga membuat bukaan klep akan menjadi lebih tinggi dan membuat aliran bahan bakar dan udara akan mudah masuk dengan banyak. Bukan hanya itu, membuat lift pada noken as lebih tinggi sama halnya dengan memperbesar diameter payung klep.
Namun jangan salah jika sobat memilih untuk membuat lift pada noken as lebih tinggi, sobat perlu perhatikan juga kekuatan per klepnya. Atau untuk mengatasinya sobat bisa mengaplikasikan per racing seperti khusus kompetisi.
Lift Tinggi
Seperti yang di sebutkan di atas membuat lift tinggi pada noken as membutuhkan per klep yang kuat untuk menghindari terjadinya floating. Tinggi bukaan klep modifikasi pada noken as yang ideal tidak melebihi angkatan 25% - 30% dari diameter payung klep.
Misal Honda Sonic memiliki diameter payung klep in 28 mm, maka tinggi bukaan klep yang di sarankan 30% x 28 = 8,4 mm. Dengan lift setinggi itu tentu saja membutuhkan per klep yang lebih kuat.
Profil Gemuk
Merubah profil lobe "tonjolan" berati merubah durasi dan angkatan buka klep. Atau dalam kata lain sama halnya dengan mengatur lama atau sebentar nya klep terbuka.
Membuat profil lobe tinggi berarti memperbesar durasi bukaan klep, akan bagus untuk memaksimalkan aliran bahan bakar dan udara yang akan masuk pada ruang bakar. Bukan hanya itu hal ini juga akan membuat pasokan udara dan bahan bakar akan mudah di dapat ketika putaran mesin semakin meningkat.
Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai pembahasan Rahasia Papas Noken As, Untuk Di Ketahui yang bisa bangkigi sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat semua dan selamat mencobanya. 🙂🙂🙂
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya pada blog yang sederhana ini, untuk membantu blog ini tetap terbangun dan lebih baik. Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang bermanfaat di kolom komentar. TERIMAKASIH