Skip to main content

Mengenal Fungsi Dan Kode Warna Sekring Motor

Mengenal Fungsi Dan Kode Warna Sekring Motor


Mengenal Fungsi Dan Kode Warna Sekring Motor  -  Ngomongin soal sekring, walaupun bentuknya kecil, namun komponen atau alat yang satu ini tentunya memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi setiap kendaraan sepeda motor.

Seperti yang bangkigi ketahui, melindungi sistem kelistrikan, menjaga komponen lain pada sistem kelistrikan dari kerusakan ketika mengalami suatu hubungan arus pendek atau konsleting adalah fungsi utama dari sekring.

Cara kerjanya juga cukup sederhana, dimana memutuskan arus dengan secara otomatis ketika arus listrik mengalami kelebihan beban muatan. Sekring pada umumnya memiliki 2 jenis yang akan sering kita lihat pada kendaraan sepeda motor, bagaimana bentuknya ? Silahkan sobat simak di bawah ini.

Bentuk Dan Jenis Sekring Pada Motor

https://www.bangkigi.xyz/2020/04/mengenal-fungsi-dan-kode-warna-sekring-motor.html
Sekring Tabung

Sekring Tabung

Sekring tabung adalah jenis sekring yang pertama kali di terapkan  pada kendaraan sepeda motor, sekring ini bisa kita temui pada jenis-jenis motor jadul alias jaman dulu seperti ; Honda grand, Suzuki smash, Yamaha crypton, dan jenis motor lainnya yang di produksi pada taun tua.

Seperti yang bisa kita lihat pada gambaran di atas, sekring tabung ini memiliki bahan yang terbuat dari kaca/ gllass pada bagian tengahnya. Hal itu bukan tanpa alasan, asal usul menggunakan bahan tersebut memang untuk membuat kita lebih mudah untuk mengetahui jikalau sekring mengalami kerusakan atau putus.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, meskipun sekring tabung ini memiliki kelebihan demikian, sekring dengan jenis ini sudah tidak lagi di pergunakan pada kendaraan sepeda motor masa kini.

Sekring Blade Atau Tancap

Sekring Tancap Ukuran Besar

Seperti yang sudah di di jelaskan tadi di atas, motor yang di produksi pada tahun mudah sekitar 2008 hingga kini, sudah tidak menggunakan sekring jenis tabung lagi. Bukan tanpa alasan, hal itu karena memicu penggunaan beban kelistrikan pada motor masa kini semakin bertambah dan lebih besar.

Oleh karena itu, dengan berkembangnya teknologi dan perubahan zaman, sekring blade atau yang biasa kita sebut dengan sekring tancap berasil di terapkan pada jenis kendaraan sepeda motor masa kini.

Sekring tancap ini juga pada umumnya memiliki 2 ukuran, yakni ukuran besar yang biasa di pakai pada motor Honda, sedangkan yang ukuran kecil bisa kita temui pada jenis kendaraan Yamaha.

Kelebihan sekring tancap ini sendiri memang bisa menerima beban arus yang cukup besar, namun selain itu sekring jenis ini juga memiliki kelebihan lainnya yakni ; mempunyai banyak pilihan ukuran dimana bisa di sesuaikan dengan besaran ampere yang di butuhkan pada setiap kendaraan sepeda motor.

Besaran ampere tersebut bisa kita ketahui memalui warnanya, adapun cara untuk mengetahuinya bisa sobat lihat pada gambar di bawah ini.


Sekring Blade/ Tancap Ukuran Kecil

Kode Warna Besaran Ampere Pada Sekring

Seperti kita lihat pada gambar di atas, setiap sekring memiliki warna yang berbeda-beda, dimana pada setiap warna juga memiliki ukuran ampere yang berbeda-beda, seperti yang terdapat pada warna ungu yakni memiliki ukuran 3A, warna oranye 5A, coklat 7.5A, merah 10 A, biru 15 A, kuning 20 A, putih atau bening 25 A, dan warna hijau 30 A.

Dengan warna-warna tersebut kita bisa dengan mudah memilih dan menggantinya sesuai dengan standard nya atau jika ingin merubahnya ke yang lebih besar.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Mengenal Fungsi Dan Kode Warna Sekring Motor semoga Bermanfaat baki kalian, dan terimakasih atas kunjungannya. 🙂🙂🙂

Comments

• Artikel Menarik Terpopuler •

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak

Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak   Desain dan Rumus Porting Motor 2 tak - Modifikasi mesin 2 tak memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling banyak tuner lakukan adalah dengan cara memporting ulang desain port pada bagian blok piston (Boring). Selain lebih simpel cara ini juga memang di anggap paling mudah dalam menaikan tenaga mesin 2 tak. Tapi tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan cara sembarangan alias asal-asalan, butuh ilmu dan rumus serta pengerjaan yang baik dan benar agar modifikasi mesin kita berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana rumus dan caranya memporting port mesin 2 tak agar tenaganya lebih meningkat ? Port mana yang seharus di porting ? Menurut urek-urek bangkigi dari buku karangannya A Graham Bell tentang Two Stroke Performance Tuning, desain dan durasi pada porting kenalpot (Exhaust Port) apabila pada bagian samping dan atas di porting dengan baik dan benar, maka akan mengha...

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah

Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah Cara Menghitung Porting Motor 2 Tak Paling Mudah - Merubah atau modifikasi porting blok piston " boring " memang paling lazim di lakukan oleh para tuner dalam korek motor 2 tak. Bukan tanpa alasan, cara ini memang di anggap paling mudah dan bisa menambah tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Modifikasi porting blok piston " boring " pada dasarnya bisa di lakukan dengan 4 cara, yakni merubah tinggi port, memperbesar ukuran port, mengarahkan kembali jendela port dan menghaluskan saluran port. Namun pada kesempatan kali ini bangkigi hanya akan membahas yamg paling pentingnya saja, yakni merubah tinggi port nya saja. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat simak di bawah ini. Cara Menghitung Tinggi Port Motor 2 Tak Merubah tinggi port sama halnya dengan merubah " durasi " buka tutupnya port, jika sobat ingin melakukan hal ini tentu saja sobat harus melakukan dengan cara dan perhitungan ter...

2 Cara Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah

2 Cara Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah 2 Cara Menghitung Durasi Noken As Paling Mudah - Modifikasi alias papas noken as pada dasarnya bisa di lakukan semua orang, tapi untuk menghitung durasinya tidak semua orang bisa melakukannya. Memang apa sih durasi pada noken as itu ? Durasi adalah waktu yang di ukur dalam derajat putaran kruk as/ poros engkol, dimana baik klep in (isap) maupun klep ex (buang) sedang dalam keadaan terbuka. Lantas bagaimana cara menghitungnya ? Pada dasarnya sebagian banyak tuner meyakini, bahwa memulai menghitung durasi pada noken as saat bukaan klep mulai terangkat ( 0.1 - 0.2 mm ) dan ( 0.1 - 0.2 mm ) sebelum klep menutup tidak akan terlalu jauh melesetnya. Dalam kata lain angkatan tersebut tidak terlalu memberikan efek yang signifikan. Seperti yang sobat ketahui pada kesempatan kali ini bangkigi mempunyai 2 cara yang bisa sobat terapkan/ paki untuk menghitung durasi pada noken as nya, dimana cara ini paling mudah dan paling b...